Pengaruh sharia marketing terhadap loyalitas anggota KJKS BMT Bus Cabang Genuk Kota Semarang
Handayani, Rini (2014) Pengaruh sharia marketing terhadap loyalitas anggota KJKS BMT Bus Cabang Genuk Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
102411113_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (231kB) | Preview
102411113_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (300kB) | Preview
102411113_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (421kB) | Preview
102411113_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (215kB) | Preview
102411113_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (393kB) | Preview
102411113_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (8kB) | Preview
102411113_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (94kB) | Preview
Abstract
Mengingat semakin ketatnya persaingan bisnis sekarang ini, banyak lembaga keuangan dalam melakukan kegiatan pemasarannya menyimpang dari prinsip syariah hanya untuk memenuhi kebutuhan, keinginan dan memuaskan pelanggan agar mereka tidak beralih ke tempat lain serta untuk mendapatkan keuntungan yang banyak. Perkembangan jumlah anggota di koperasi jasa keuangan syariah (KJKS) Baitul Maal wa Tamwil (BMT) Bina Ummat Sejahtera (BUS) Cabang Genuk Kota Semarang mengalami peningkatan dan penurunan dalam periode tiga tahun terakhir. Namun dalam penurunannya ini tidak ada anggota yang keluar melainkan hanya jumlah anggota baru pada tahun terakhir mengalami penurunan. Terjadinya fluktuasi jumlah anggota baru diduga dipengaruhi oleh sharia marketing sehingga menurunkan loyalitas anggota. Oleh karena itu mendorong peneliti melakukan penelitian dengan judul “ Pengaruh Sharia Marketing Terhadap Loyalitas Anggota KJKS BMT BUS Cabang Genuk Kota Semarang ”.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh sharia marketing (produk, harga, tempat, promosi) terhadap loyalitas anggota KJKS BMT BUS Cabang Genuk Kota Semarang. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sharia marketing (produk, harga, tempat, promosi) terhadap loyalitas anggota KJKS BMT BUS Cabang Genuk Kota Semarang.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh anggota KJKS BMT BUS Cabang Genuk Kota Semarang yang berjumlah 1777. Pengambilan sampel dengan menggunakan rumus Slovin berjumlah 100 orang dengan didukung penelitian terhadap anggota yang akan dipilih menjadi responden dengan kriteria-kriteria tertentu. Metode dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik analisa yang digunakan adalah regresi sederhana.
Dari hasil perhitungan secara simultan diperoleh t hitung sebesar (6,558) dan p value (sig) sebesar 0,000 dibawah 5% yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara sharia marketing (produk, harga, tempat, promosi) terhadap loyalitas anggota. Keempat dimensi dalam sharia marketing sama-sama memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas anggota. Namun dalam penelitian ini produk yang lebih memiliki pengaruh yang besar terhadap loyalitas anggota.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Drs. H. Johan Masruhan, MM.; Suwanto, S.Ag., MM. |
Uncontrolled Keywords: | Sharia marketing; Pemasaran syariah; KJKS; BMT; Loyalitas nasabah |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1) |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 16 Mar 2015 07:09 |
Last Modified: | 03 Aug 2021 04:38 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3672 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year