Pengaruh promosi dan diferensiasi terhadap minat nasabah untuk berinvestasi di bank umum syari’ah (studi pada Bank Syari’ah Mandiri Cabang Semarang)
Zamro, Nila Purbiyanti (2009) Pengaruh promosi dan diferensiasi terhadap minat nasabah untuk berinvestasi di bank umum syari’ah (studi pada Bank Syari’ah Mandiri Cabang Semarang). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
052411041 - Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (113kB) | Preview
052411041 - Bab 1.pdf - Accepted Version
Download (58kB) | Preview
052411041 - Bab 2.pdf - Accepted Version
Download (180kB) | Preview
052411041 - Bab 3.pdf - Accepted Version
Download (39kB) | Preview
052411041 - Bab 4.pdf - Accepted Version
Download (358kB) | Preview
052411041 - Bab 5.pdf - Accepted Version
Download (12kB) | Preview
052411041 - Bibliography.pdf - Bibliography
Download (15kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini menjelaskan masalah apakah ada pengaruh promosi dan diferensiasi terhadap minat nasabah untuk berinvestasi. Penelitian ini bertujuan menguji secara parsial dan simultan bagaimana promosi dan diferensiasi berpengaruh terhadap minat nasabah untuk berinvestasi di Bank Syari'ah Mandiri Cabang Semarang.
Setelah penelitian ini di lakukan, diharapkan akan memberikan manfaat bagi beberapa pihak, di antaranya adalah memberikan masukan dan informasi terhadap praktisi Perbankan Syari'ah, terutama manajer pemasaran dalam menentukan kebijakan untuk menggunakan promosi dan diferensiasi yang paling efektif guna merekrut nasabah supaya berinvestasi di Bank Syari'ah Mandiri Cabang Semarang.
Dalam penelitian ini data yang di gunakan adalah data primer dan data sekunder, teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah sampel acak (probabilitas sampling). Kemudian metode yang di gunakan untuk mengumpulkan data menggunakan kuesioner dan wawancara, teknis analisis data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan reliabilitas instrumen, analisis regresi berganda, dan uji asumsi klasik.
Hasil olahan statistik yang dibantu dengan dengan program SPSS 16.0 for widows menunjukan bahwa pengaruh variabel independen (promosi dan diferensiasi) terhadap variabel dependen (minat nasabah) mampu memberikan sumbangan sebesar 29.1%, sedang yang 70.9%, sisanya di jelaskan variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model ini (tidak diteliti) atau dijelaskan variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Variabel tersebut antara lain berada pada tingkat pendapatan, lokasi, status dan pengetahuan terhadap bank syari’ah maupun variabel lainnya.
Hasil uji empiris pengaruh antara promosi terhadap minat nasabah, menunjukkan nilai t hitung 2,012 dan p value (sig) sebesar 0,47 yang di bawah 5%. Artinya bahwa promosi berpengaruh terhadap minat nasabah. Sedangkan pengaruh antara diferensiasi terhadap minat nasabah menunjukkan nilai t hitung 3.830 dan p value (sig) 0.000, dengan menggunakan tingkat alpha 5%, maka posisi nilai probabilitasnya berada dibawah Alphanya. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara diferensiasi terhadap minat nasabah
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Drs. H. Maksun, M.Ag.; H. Suwanto, S.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Promosi dan diferensiasi; Minat nasabah; Bank Syari’ah |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > 60202 - Ekonomi Islam |
Depositing User: | Agus Sopan Hadi |
Date Deposited: | 25 Mar 2015 09:35 |
Last Modified: | 25 Mar 2015 09:35 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3764 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year