Analisis kompetensi paedagogis guru pendidikan agama Islam Kota Semarang pasca diklat peningkatan mutu di Balai Diklat Keagamaan Departemen Agama Jawa Tengah tahun 2005-2008
Suri, Sofyan (2009) Analisis kompetensi paedagogis guru pendidikan agama Islam Kota Semarang pasca diklat peningkatan mutu di Balai Diklat Keagamaan Departemen Agama Jawa Tengah tahun 2005-2008. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
3103185 Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (68kB) | Preview
3103185 Bab 1.pdf - Accepted Version
Download (58kB) | Preview
3103185 Bab 2.pdf - Accepted Version
Download (52kB) | Preview
3103185 Bab 3.pdf - Accepted Version
Download (50kB) | Preview
3103185 Bab 4.pdf - Accepted Version
Download (56kB) | Preview
3103185 Bab 5.pdf - Accepted Version
Download (14kB) | Preview
3103185 Bibliography.pdf - Bibliography
Download (10kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Mengetahui sejauhmana kompetensi paedagogis Guru Pendidikan Agama Islam Kota Semarang pasca Diklat Peningkatan Mutu Guru di Balai Diklat Departemen Agama Jawa Tengah 2). Mengetahui permasalahan-permaslahan serta Solusi dalam meningkatkan kompetensi paedagogis Guru Pendidikan Agama Islam. Baik upaya peningkatan secara personal maupun upaya peningkatan melalui Diklat peningkatan Peningkatan Mutu Guru Pendidikan Agama Islam Balai Diklat Departemen Agama Jawa Tengah.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriftif. Penelitian ini menggunakan angket untuk data-data kuantitatif dalam bentuk alternatif-alternatif jawaban guna memperoleh informasi-informasi keadaan kompetensi paedagogis dan metode wawancara Guru Pendidikan Agama Islam pasca Diklat. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif untuk menggambarkan keadaan yang sebenarnya objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: guru-guru Pendidikan Agama Islam yang ada di Kota Semarang setalah mengikuti diklat menunjukkan kategori yang baik/bagus dalam hal kompetensi paedagogis, namun terdapat beberapa kendala dalam hal keterbatasan media pemebelajaran yang tersedia di sekolah. Dari sisi internal/personal Guru Pendidikan Agama Islam kendalanya anatara lain: perbedaan dalam latar belakang pendidikan, perberdaan dalam orientasi mengajar, serta kurangnya media pembelajaran.
Sedangkan Solusi yang ditawarkan dalam upaya peningkatan kompetensi paedagogis guru Pendidikan Agama Islam di Kota Semarang adalah mengadopsi inovasi atau mengembangkan kreativitas dalam pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi mutakhir agar senantiasa tidak tertinggal dalam kemampuannya mengelola pembelajaran. Mempersiapkan media pembelajaran sendiri apabila belum tersedia di sekolah, Memperbanyak mengikuti seminar/workshop/diklat untuk terus memperbaiki kompetensi paedagogis guru Pendidikan Agama Islam. Dan khususnya bagi Diklat peningkatan Mutu Balai Diklat Departemen Agama Jawa Tengah memiliki solusi dari diklat dasar, diklat lanjut sampai diklat mahir yang tentunya akan semakin meningkat kualitas pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan yang berguna bagi praktisi pendidikan terutama guru-guru Pendidikan Agama Islam alumni diklat peningkatan mutu Guru Pendidikan Agama Islam Balai Diklat Departemen Agama Jawa Tengah yang ada di kota Semarang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Karnadi Hasan, M.Pd.; Drs. Ikhrom, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi paedagogis guru; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Agus Sopan Hadi |
Date Deposited: | 27 Mar 2015 07:41 |
Last Modified: | 27 Mar 2015 07:41 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3804 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year