Manajemen kurikulum (studi kasus di SMP Alternatif Qaryah Thayibah Kalibening Tingkir Salatiga)
Maskur, Maskur (2009) Manajemen kurikulum (studi kasus di SMP Alternatif Qaryah Thayibah Kalibening Tingkir Salatiga). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
3104048 _ Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (67kB) | Preview
3104048 _ Bab 1.pdf - Accepted Version
Download (60kB) | Preview
3104048 _ Bab 2.pdf - Accepted Version
Download (153kB) | Preview
3104048 _ Bab 3.pdf - Accepted Version
Download (103kB) | Preview
3104048 _ Bab 4.pdf - Accepted Version
Download (104kB) | Preview
3104048 _ Bab 5.pdf - Accepted Version
Download (24kB) | Preview
3104048 _ Bibliography.pdf - Bibliography
Download (13kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Apa karakteristik dan bagaimana proses pengelolaan kurikulum di SMP alternatif Qaryah Thayyibah
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research). Metode yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu: interviw (wawancara), observasi dan dokumentasi, dengan Teknik Analisis data yang menggunakan model analisis data interpretatif, dalam hal ini analisis data dilakukan bersamaan dengan proses pengumpulan data. Setelah data terkumpul, tiga komponen analisis (reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan) berinteraksi.
Penelitian yang dilakukan di SMP Alternatif Qaryah Thayyibah mempunyai hasil bahwa Kurikulum sangat berbeda dengan lainnya dan telah melaksanakan proses Manajerial walaupun dengan struktur organisasinya sangat terbatas tetapi dapat melaksanakan proses manajerial dengan baik, diakui atau tidak kurikulum ini lain daripada yang lain, karena kurikulum nasional hanya sebagai referensi dan lembaga ini membuat kurikulum tersendiri, yang bertujuan untuk menjalankan proses pendukungan belajar seumur hidup, dan anggapan dalam kurikulum ini lebih baik tidak sekolah jika tidak belajar, karena tidak sekolah pun jika belajar akan menjadi manusia yang berpendidikan, kemudian manajemen kurikulum meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Karakteristik kurikulum adalah sangat memperhatikan psikologi daripada target materi, apalagi satandarisasi. Efektifitas pelaksanaan manajemen kurikulum yang menggunakan program tersendiri dapat dinilai dari penerapan hasil sosialisasi, dalam proses manajerial kurikulum dan meningkatnya efektifitas kurikulum sehingga kualitas dan mutu peserta didik semakin baik dan dapat bersaing dengan lembaga pendidikan lain.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumbangan dan bahan informasi bagi khazanah ilmu pengetahuan, serta masukan bagi civitas akademika dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Syamsul Ma’arif, M.Ag.; Ismail SM, M. Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen kurikulum; Sekolah alam |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam |
Depositing User: | Agus Sopan Hadi |
Date Deposited: | 30 Mar 2015 05:30 |
Last Modified: | 30 Mar 2015 05:30 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3806 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year