Metode Hanifida untuk Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Fiqih (Penelitian Tindakan Kelas VII A MTs Madrasatul Qur’an Tebuireng Jombang Tahun Pelajaran 2008/2009)

Muslim, M. Abd. Aziz (2009) Metode Hanifida untuk Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Fiqih (Penelitian Tindakan Kelas VII A MTs Madrasatul Qur’an Tebuireng Jombang Tahun Pelajaran 2008/2009). Masters thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of AzisMuslim_Tesis_Coverdll.pdf]
Preview
Text
AzisMuslim_Tesis_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of AzisMuslim_Tesis_Bab2.pdf]
Preview
Text
AzisMuslim_Tesis_Bab2.pdf - Submitted Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of AzisMuslim_Tesis_Bab3.pdf] Text
AzisMuslim_Tesis_Bab3.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (58kB)
[thumbnail of AzisMuslim_Tesis_Bab4.pdf] Text
AzisMuslim_Tesis_Bab4.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[thumbnail of AzisMuslim_Tesis_Bab5.pdf]
Preview
Text
AzisMuslim_Tesis_Bab5.pdf - Submitted Version

Download (13kB) | Preview
[thumbnail of AzisMuslim_Tesis_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
AzisMuslim_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (24kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Fiqih di madrasah biasanya lebih menekankan pada metode ceramah, dan cenderung berpusat pada guru (teacher centered) sehingga pembelajaran yang ada kurang efektif. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan di MTs Madrasatul Qur’an Tebuireng Jombang tahun pelajaran 2008/2009, menunjukkan bahwa prestasi belajar dan aktivitas belajar siswa masih rendah (ketuntasan belajar klasikal masih sebesar 51,60%). Hal ini salah satunya disebabkan oleh model pembelajaran yang diterapkan guru kurang variatif (penjelasan teori dilanjutkan dengan menulis secara individual dan hafalan).
Penelitian ini mencoba menerapkan metode pembelajaran hanifida yang bertitik tolak dari brain based learning (pembelajaran berdasarkan keseimbangan otak). Alasan pemilihan metode ini karena diperkirakan akan mampu mengatasi permasalahan di atas, sekaligus meningkatkan aktivitas belajar dan prestasi belajar peserta didik. Metode ini memungkinkan peserta didik untuk cepat memahami dengan memanfaatkan potensi otak. Ketika proses belajar berlangsung, peserta didik dapat mengikuti penjelasan guru dengan berbagai aksi, visualisasi yang aktraktif dan saling membantu memahami materi antar peserta didik. Dari sini diharapkan prestasi belajar dan aktivitas belajar siswa dapat ditingkatkan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dirancang 2 siklus dengan 4 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A MTs Madrasatul Qur’an Tebuireng Jombang tahun pelajaran 2008/2009 semester II yang berjumlah 31 peserta didik semua laki-laki. Penelitian ini di-laksanakan pada Bulan Mei sampai dengan Juni 2009.
Setelah melakukan aplikasi metode, observasi proses, evaluasi hasil, dan refleksi perilaku pembelajaran sebanyak dua siklus, diperoleh data bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode hanifida dapat meningkatkan prestasi belajar dan aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih.
Hasil penelitian menunjukkan, bahwa metode hanifida mampu menjawab atas permasalahan yang diajukan, yakni rendahnya aktivitas dan prestasi belajar Fiqih siswa. Dari siklus yang ditetapkan, yaitu dua siklus membuktikan bahwa prosentase aktivitas belajar peserta didik meningkat secara berturut-turut adalah 74,19% pada siklus I dan 90,32% pada siklus II. Sedangkan prosentase prestasi belajar Fiqih juga meningkat secara berturut-turut adalah 83,87% pada siklus I dan 96,77% pada siklus II ini berarti ketuntasan individual dan klasikal sudah tercapai.
Pengaruh metode hanifida yang dapat meningkatkan aktivitas peserta didik diantaranya sebagai berikut: a) peserta didik akan belajar lebih giat apabila topik yang dipelajarinya menarik, dan berguna bagi dirinya, b) tujuan pembelajaran harus disusun dengan jelas, c) peserta didik harus selalu diberitahu tentang kompetensi, dan hasil belajarnya, d) pemberian pujian dan hadiah, e) memanfaatkan rasa ingin tahu, dan ambisi peserta didik, dan f) memperhatikan perbedaan individual peserta didik. Pengaruh metode hanifida terhadap prestasi belajar peserta didik, yaitu faktor eksternal dan internal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode Hanifida; Prestasi Belajar; Aktivitas Belajar; Penelitian Tindakan Kelas
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 03 Dec 2013 04:24
Last Modified: 03 Dec 2013 04:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/382

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics