Efektivitas pengelolaan laboratorium biologi dalam mendukung pelaksanaan pembelajaran biologi di MAN Rembang

Naelunnajah, Naelunnajah (2014) Efektivitas pengelolaan laboratorium biologi dalam mendukung pelaksanaan pembelajaran biologi di MAN Rembang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 093811023_Coverdll.pdf]
Preview
Text
093811023_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (520kB) | Preview
[thumbnail of 093811023_Bab1.pdf]
Preview
Text
093811023_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of 093811023_Bab2.pdf]
Preview
Text
093811023_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (407kB) | Preview
[thumbnail of 093811023_Bab3.pdf]
Preview
Text
093811023_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of 093811023_Bab4.pdf]
Preview
Text
093811023_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of 093811023_Bab5.pdf]
Preview
Text
093811023_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 093811023_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
093811023_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (177kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan laboratorium Biologi dalam mendukung pelaksanaan pembelajaran Biologi di MAN Rembang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian metode campuran. Penelitian metode campuran merupakan pendekatan penelitian yang mengombinasikan bentuk kualitatif dan bentuk kuantitatif. Alasan penggabungan penelitian kualitatif dan kuantitatif diantaranya logika triangulasi yang mana hasil penelitian kualitatif dapat dicek pada studi kuantitatif untuk memperkuat kesahihan data hasil penelitian.
Fokus penelitian ini adalah tingkat standar pengelolaan laboratorium Biologi yang meliputi desain ruang laboratorium, administrasi laboratorium, pengelolaan laboratorium, serta penyimpanan alat dan bahan laboratorium. Obyek penelitian ini adalah laboratorium Biologi MAN Rembang, dengan teknik pengambilan data dengan beberapa metode. Antara lain metode observasi, metode dokumetasi, metode wawancara, dan metode kuesioner. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis triangulasi data untuk memperoleh data yang valid. Dan hasil penelitian diinterpretasikan, disimpulkan dan ditafsirkan dengan kalimat yang bersifat narative deskriptif.
Hasil observasi awal pada bulan Juni 2014 menunjukkan bahwa Laboratorium MAN Rembang telah memiliki sarana dan prasarana yang cukup memadai dan dilengkapi dengan pengelolaan, penyimpanan, alat dan bahan praktikum yang memadai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pengelolaan laboratorium Biologi di MAN Rembang meliputi desain ruang laboratorium, administrasi laboratorium, pengelolaan laboratorium serta penyimpanan alat dan bahan sebesar 75,5%.
Laboratorium Biologi MAN Rembang belum memiliki administrasi yang baik, maka upaya yang dilakukan untuk memperbaiki pengadministtrasian di Laboratorium Biologi, sebaiknya MAN Rembang menunjuk tenaga laboratorium yang ahli sesuai ketentuan Permendiknas no. 26 tahun 2008.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Laboratorium Biologi; Pembelajaran Biologi; Strategi pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 574 [Unassigned -- Dahulu Biology-Edisi 20]
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 07 Apr 2015 09:30
Last Modified: 22 May 2021 02:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3899

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics