Pelaksanaan bimbingan konseling dalam membentuk karakter peserta didik kelas VII di MTs NU 08 Gemuh Kendal tahun pelajaran 2014/2015

Huda, Muchamad Hadaniyal (2014) Pelaksanaan bimbingan konseling dalam membentuk karakter peserta didik kelas VII di MTs NU 08 Gemuh Kendal tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 103311018_Coverdll.pdf]
Preview
Text
103311018_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (553kB) | Preview
[thumbnail of 103311018_bab1.pdf]
Preview
Text
103311018_bab1.pdf - Accepted Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 103311018_bab2.pdf]
Preview
Text
103311018_bab2.pdf - Accepted Version

Download (345kB) | Preview
[thumbnail of 103311018_bab3.pdf]
Preview
Text
103311018_bab3.pdf - Accepted Version

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of 103311018_bab4.pdf]
Preview
Text
103311018_bab4.pdf - Accepted Version

Download (340kB) | Preview
[thumbnail of 103311018_bab5.pdf]
Preview
Text
103311018_bab5.pdf - Accepted Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 103311018_bibliografi.pdf]
Preview
Text
103311018_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (136kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pelaksanaan Bimbingan Konseling dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Kelas VII di M.Ts N.U 08 Gemuh, Kendal. Adapun kajiannya dilatar belakangi Fenomena yang menguat di Dunia Pendidikan seiring dengan semakin disadarinya kenyataan bahwa SMP/MTs yang terdapat di dalamnya. Penelitian ini diharapkan dapat menambah wacana bagi para guru-guru, khususnya guru BK dalam melihat fenomena-fenomena sosial Peserta didik, seperti Peserta didik yang suka membuat masalah, Peserta didik yang kurang bersemangat, Peserta didik yang sulit berkonsentrasi, Peserta didik yang pemalu, Peserta didik yang egois, yang semua itu memberikan masukan penting kepada seluruh pihak sekolah bahwa bimbingan dan konseling tidak akan berjalan dengan baik apabila tidak ada kerja sama yang baik dengan semua pihak sekolah, menambah wawasan pengembangan ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang bimbingan dan konseling di sekolah.
Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimanakah pelaksanaan BK pada kelas VII di M.Ts. N.U. 08 Gemuh Kendal? (2) Bagaimanakah pembentukan karakter peserta didik pada kelas VII di M.Ts. N.U. 08 Gemuh Kendal? (3) Bagaimankah pelaksanaan BK dalam membentuk karakter peserta didik kelas VII di M.Ts. N.U. 08 Gemuh Kendal?. Pelaksanaan program bimbingan dan konseling dalam membentuk karakter peserta didik kelas VII di M.Ts. N.U 08 Gemuh Kendal Tahun Pelajaran 2014/2015 sudah berjalan dengan baik. Hal ini terjadi karena adanya kerja sama yang baik antara guru BK dengan kepala madrasah serta dengan guru ataupun staf lainya di M.Ts. N.U 08 Gemuh Kendal.
Pelaksanaan program bimbingan dan konseling di M.Ts.N.U 08 Gemuh kendal mencakup tujuh bentuk layanan yaitu: Layanan Bimbingan Konseling Perorangan, Layanan Bimbingan Konseling Kelompok, Layanan Konseling Rumah.
Peran guru BK dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling di M.Ts. N.U 08 Gemuh Kendal adalah sebagai pelaksana inti tiga bentuk layanan dalam BK dengan berperan sebagai pendidik dan pengajar, pembimbing, penasehat, teladan, memberikan motivasi dan koreksi dalam membantu menyelesaikan permasalahan peserta didik dan membentuk karakter yang diinginkan pada kelas VII di M.Ts. N.U 08 Gemuh Kendal. Pada pelaksanaanya banyak ditemui berbagai karakter pada peserta didik kelas VII M.Ts. N.U 08 Gemuh ini, yaitu: Karakter peserta didik yang suka membuat masalah, Karakter peserta didik yang kurang bersemangat, Karakter peserta didik yang sulit berkonsentrasi, Karakter peserta didik yang pemalu, Karakter peserta didik yang egois.
Dengan adanya pelaksanaan bimbingan dan konseling secara berkesinambungan ini diharapkan peserta didik mampu merubah karakter individunya baik dalam lingkungan sekolah, lingkungan rumah maupun lingkungan masyarakat agar menjadi lebih baik.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research). Oleh karena itu objek yang diteliti berupa objek di lapangan yang sekiranya mampu memberikan informasi tentang kajian penelitian. Agar penelitian ini dapat tercapai dengan baik, maka dalam metode penelitiannya diperlukan langkah-langkah sistematis berencana, dan sesuai dengan kaidah keilmuan. Selain itu penelitian kualitatif juga dilakukan secara intensif, berpatisipasi lama di lapangan guna mencatat fenomena yang ada baik itu fenomena alamiah maupun fenomena rekayasa manusia, kemudian melakukan analisis terhadap data yang didapat selama penelitian. Sedangkan
batasan ruang lingkup penelitian ini adalah hanya sebatas pada pelaksanaan bimbingan dan konseling dalam membentuk karakter peserta didik di M.Ts N.U 08 Gemuh, Kendal
Kajian ini menunjukan bahwa Penelitian ini dilaksankan dengan menggunakan pendekatan kualitatif karena permasalahan yang akan dibahas dimaksudkan untuk mendeskripsikan, menguraikan, dan menggambarkan tentang pelaksanaan bimbingan dan konseling dalam membentuk karakter peserta didik di M.Ts. N.U. 08 Gemuh, Kendal. Meliputi Peserta didik yang suka membuat masalah, Peserta didik yang kurang bersemangat, Peserta didik yang sulit berkonsentrasi, Peserta didik yang pemalu, Peserta didik yang egois.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Dr. Widodo Supriyono, M.A.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan konseling; Karakter siswa
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 27 Apr 2015 10:12
Last Modified: 27 Apr 2015 10:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3982

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics