Internalisasi nilai-nilai keagamaan kepada siswa kelas XI jurusan agama di MAN 1 kota Semarang
Munir, Amat (2014) Internalisasi nilai-nilai keagamaan kepada siswa kelas XI jurusan agama di MAN 1 kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
103111008_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
103111008_bab1.pdf - Accepted Version
Download (218kB) | Preview
103111008_bab2.pdf - Accepted Version
Download (342kB) | Preview
103111008_bab3.pdf - Accepted Version
Download (228kB) | Preview
103111008_bab4.pdf - Accepted Version
Download (260kB) | Preview
103111008_bab5.pdf - Accepted Version
Download (75kB) | Preview
103111008_bibliografi.pdf - Accepted Version
Download (252kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang internalisasi nilai-nilai keagamaan siswa kelas XI jurusan agama di MAN 1 kota Semarang. Kajiannya dilatarbelakangi oleh pentingnya penghayatan nilai-nilai keagamaan bagi tumbuh kembangnya aktivitas siswa. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana penghayatan nilai-nilai keagamaan di MAN 1 Kota Semarang? (2) Apa strategi yang dilakukan oleh MAN 1 Semarang dalam menghayati nilai keagamaan di kelas XI jurusan agama? (3) Apa problem yang dihadapi dalam menghayati nilai-nilai keagamaan kepada siswa kelas XI jurusan agama di MAN 1 Semarang? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di MAN 1 Kota Semarang. Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Semarang ini dijadikan sumber data untuk mendapatkan potret internalisasi nilai-nilai keagamaan siswa kelas XI jurusan agama. Datanya diperoleh dengan cara wawancara tak terstruktur, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Semua data dianalisis dengan pendekatan fenomenologi dan dianalisis deskriptif menggunakan logika induksi, deduksi, dan refleksi.
Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Nilai-nilai keagamaan yang di hayati MAN 1 Kota Semarang untuk membentuk pribadi siswa yang saleh dan patuh terhadap agamanya ada tiga aspek, meliputi: a) Nilai aqidah, meliputi ketauhidan seperti: berdo’a sebelum dan sesudah pembelajaran, membaca asma’ul husna, dan tadarus Al-Qur’an. (b) Nilai syari’ah, meliputi nilai ibadah (sholat, sholat sunnah dhuha, idul adha, sholat tarawih, membayar zakat, dan puasa), nilai muamalah, meliputi (membayar sumbangan operasional sekolah tepat waktu, mengadakan arisan kelas, dan tidak pernah gasab) dan nilai siyasah, meliputi (persaudaraan, musyawarah, toleransi, tanggung jawab, demokrasi). (c) Nilai akhlak, kejujuran, nilai sosial (cinta terhadap sesama manusia dan lingkungan), bakti sosial, kegiatan infak, reboisasi di lingkungan madrasah, nilai kedisiplinan, dan nilai kemandirian. (2) Strategi yang digunakan untuk menginternalisasikan nilai-nilai keagamaan yakni dengan melalui: (a) Metode keteladanan, pelatihan dan pembiasaan, kegiatan sosial, pendekatan individu dan kelompok.( b) Melalui materi. (3) Problem yang menghambat proses internalisasi nilai-nilai keagamaan antara lain. (a) Faktor intern yang datang dari diri peserta didik itu sendiri, kurangnya motivasi. (b) Faktor ekstern seperti, faktor keluarga, faktor lingkungan masyarakat, lingkungan institusional, dan teknologi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dr. Syamsul Ma’arif, M. Ag.; Hj. Nur Asiyah, M.S.I. |
Uncontrolled Keywords: | Nilai-nilai keagamaan; Strategi Pembelajaran |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 29 Apr 2015 09:56 |
Last Modified: | 29 Apr 2015 09:56 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4007 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year