Implementasi bimbingan dan konseling Islam untuk mencegah kenakalan remaja (studi kasus di MTs N Karangawen Kabupaten Demak)
Wibowo, Muhammad Lathif (2014) Implementasi bimbingan dan konseling Islam untuk mencegah kenakalan remaja (studi kasus di MTs N Karangawen Kabupaten Demak). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
103111069_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
103111069_bab1.pdf - Accepted Version
Download (145kB) | Preview
103111069_bab2.pdf - Accepted Version
Download (550kB) | Preview
103111069_bab3.pdf - Accepted Version
Download (118kB) | Preview
103111069_bab4.pdf - Accepted Version
Download (317kB) | Preview
103111069_bab5.pdf - Accepted Version
Download (80kB) | Preview
103111069_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (92kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini berisi tentang penerapan bimbingan dan konseling Islam di sekolah untuk mencegah kenakalan remaja. Kajiannya dilatar belakangi oleh semakin buruknya akhlak peserta didik di dalam dan luar sekolah, yang mulai menjauh dari nilai-nilai Islam. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan mengenai bagaimana penerapan bimbingan dan konseling Islam di sekolah untuk mencegah kenakalan remaja. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di MTs N Karangawen Kabupaten Demak. Di tempat tersebutlah yang di jadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan deskripsi mengenai realita akhlak peserta didik serta penerapan bimbingan dan konseling. Datanya diperoleh dengan wawancara bebas, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Semua data dianalisis dengan pendekatan fenomenologi dan analisis diskriptif.
Kajian ini menunjukkan bahwa penerapan bimbingan dan konseling Islam di MTs N Karangawen meliputi dua aspek. Pertama aspek penanaman BKI malalui kegiatan-kegiatan lingkungan MTs N Karangawen. Penerapan BKI ini meliputi pembacaan Asma’ul Husna, tadarusan al-Qur’an, tahlil, shalat dhuha dan shalat berjamaah, kajian kitab Ta’alimu Muta’alim. Di harapkan dari penerapan BKI ini peserta didik akan lebih mempunyai karakter Islami serta berakhlakul karimah. Kedua aspek konseling bagi peserta didik mengenai bantuan-bantuan perijinan sampai dengan penyelesaian masalah. Beberapa hal tersebut memberikan peran yang nyata serta mendidik bagi pola tingkah laku peserta didik, yang nantinya diharapkan akan membawa peserta didik pada generasi umat Islam yang beradab.
Beberapa hal yang telah diuaraikan di atas tidak akan ada maknanya, manakala tidak didukung oleh semua lapisan guru dan masyarakat dengan penuh kesadaran untuk menjalankanya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Hj. Nur Asiyah, S. Ag., M.S.I. |
Uncontrolled Keywords: | Kenakalan remaja; Bimbingan dan konseling Islam |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 360 Social services; association > 364 Criminology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 23 Apr 2015 09:52 |
Last Modified: | 23 Apr 2015 09:52 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4022 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year