Evaluasi pendidikan agama Islam dan problematikanya pada lembaga pendidikan non formal (studi pelaksanaan program PAI pada paket C PKBM Indonesia Pusaka Ngaliyan Semarang)
Rohmaniah, Nafi'atur (2014) Evaluasi pendidikan agama Islam dan problematikanya pada lembaga pendidikan non formal (studi pelaksanaan program PAI pada paket C PKBM Indonesia Pusaka Ngaliyan Semarang). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
103111128_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
103111128_bab1.pdf - Accepted Version
Download (172kB) | Preview
103111128_bab2.pdf - Accepted Version
Download (498kB) | Preview
103111128_bab3.pdf - Accepted Version
Download (127kB) | Preview
103111128_bab4.pdf - Accepted Version
Download (463kB) | Preview
103111128_bab5.pdf - Accepted Version
Download (160kB) | Preview
103111128_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (145kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang Program Pendidikan Paket C Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Indonesia Pusaka Kecamatan Ngaliyan Kabupaten Semarang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan tiangulasi data refrensi yang cukup.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam Program Pendidikan Kesetaraan Paket C PKBM Indonesia Pusaka meliputi: pembuatan komponen pembelajaran diantaranya pembuatan silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang berisi tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran yaitu dengan menggunakan metode tutorial, metode diskusi, metode praktek, belajar mandiri, dan penugasan, dan evaluasi hasil belajar. Berdasarkan teori yang ada paket C ini melakukan pembuatan program pembelajaran meliputi silabus dan RPP. Dan penggunaan media di Paket C masih bersifat konvensional 2) bentuk pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu menggunakan bentuk kegiatan tutorial dan kegiatan mandiri. Dalam praktek masih terdapat satu metode yang belum sesuai dengan teori 3) evaluasi pembelajaran yang diterapkan dalam program Pendidikan Kesetaraan Paket C sama dengan sekolah-sekolah umum yaitu evaluasi formatif dan evaluasi sumatif selain itu tutor juga melakukan kegiatan BK 4) problematika-problematika yang terjadi dalam pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di PKBM Indonesia Pusaka diantaranya problematika perencanaan pembelajaran PAI, problematika pelaksanaan pembelajaran PAI, dan evaluasi pembelajaran PAI. 5) solusi yang dilakukan untuk mengatasi problematika yang terjadi diantaranya solusi problematika perencanaan pembelajaran PAI, solusi problematika pelaksanaan pembelajaran PAI, dan solusi problematika evaluasi pembelajaran PAI.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: H. Mursid, M. Ag.; Dr. Widodo Supriyono, M.A. |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Non Formal; Kejar Paket C; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 13 May 2015 09:19 |
Last Modified: | 13 May 2015 09:19 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4043 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year