Problematika guru dalam program pembiasaan karakter mulia siswa kelas IV MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang
Rif'an, Mohammad (2014) Problematika guru dalam program pembiasaan karakter mulia siswa kelas IV MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
093911041_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (542kB) | Preview
093911041_bab1.pdf - Accepted Version
Download (151kB) | Preview
093911041_bab2.pdf - Accepted Version
Download (370kB) | Preview
093911041_bab3.pdf - Accepted Version
Download (202kB) | Preview
093911041_bab4.pdf - Accepted Version
Download (232kB) | Preview
093911041_bab5.pdf - Accepted Version
Download (62kB) | Preview
093911041_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (97kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas problematika guru dalam program pembiasaan karakter mulia siswa kelas IV di MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang, meliputi problematika guru dalam membiasakan perilaku baik siswa serta solusinya. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan: (1) Apa saja problematika guru dalam program pembiasaan karakter mulia siswa kelas IV MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang? (2) Bagaimana solusi mengatasi problematika guru dalam program pembiasaan karakter mulia siswa kelas IV MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang?
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan ada tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Problematika guru dalam membiasakan perilaku baik siswa sangat dipengaruhi faktor lingkungan, faktor keluarga, serta pemahaman dan penghayatan siswa tentang nilai-nilai karakter yang baik. (2) Solusi mengatasi problematika dalam membiasakan perilaku baik siswa di MI Darul Ulum dilakukan melalui kegiatan, membiasakan siswa berkomunikasi dengan sopan terhadap guru maupun terhadap siswa yang lain dan mengaktifkan buku kendali kegiatan siswa setiap di rumah. Mengatasi problematika guru harus dilakukan bersama oleh pihak sekolah maupun orang tua, karena banyak faktor yang menjadikan anak berperilaku kurang baik. Pengawasan anak juga harus dilakukan setiap saat bukan cuma di sekolah.
Temuan tersebut memberikan acuan bagi lembaga pendidikan untuk lebih dapat meningkatkan pelaksanaan pendidikan karakter. Kemudian untuk pemerintah, semoga dapat dijadikan keterangan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah jangan hanya dijadikan retorika semata, namun harus ada tindak lanjut yang pasti dan bermanfaat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Prof. Dr. H. Moh Erfan Soebahar, M. Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Problematika Guru; Karakter Mulia; Pendidikan karakter |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 13 May 2015 09:43 |
Last Modified: | 13 May 2015 09:43 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4053 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year