Studi eksperimen penggunaan model pembelajaran cooperative tipe talking stick dan cooperative integrated reading and composition terhadap hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi pokok hadits tentang silaturahmi pada peserta didik kelas IV MI Al-Khoiriyyah 1 Semarang
Khaeriyah, Siti (2014) Studi eksperimen penggunaan model pembelajaran cooperative tipe talking stick dan cooperative integrated reading and composition terhadap hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi pokok hadits tentang silaturahmi pada peserta didik kelas IV MI Al-Khoiriyyah 1 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
103911042_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (484kB) | Preview
103911042_bab1.pdf - Accepted Version
Download (178kB) | Preview
103911042_bab2.pdf - Accepted Version
Download (261kB) | Preview
103911042_bab3.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
103911042_bab4.pdf - Accepted Version
Download (355kB) | Preview
103911042_bab5.pdf - Accepted Version
Download (161kB) | Preview
103911042_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (95kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui Pengaruh model Talking Stick dan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap hasil belajar mata pelajaran al-Qur’an hadits materi pokok hadits tentang silaturahmi pada peserta didik Kelas IV MI Al-Khoiriyyah 1 Semarang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Desain eksperimen dalam penelitian ini yaitu pretest-posttest group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI Al-Khoiriyyah 1 Semarang yaitu kelas IVB sebagai kelas eksperimen 1, kelas IVC sebagai kelas eksperimen 2. Dalam penelitian ini kedua kelompok diberi tes awal pretest untuk mengetahui keadaan awal. Selanjutnya pada kelompok eksperimen diberi perlakuan berupa pembelajaran Al-Qur’an Hadits materi pokok Hadits tentang Silaturahmi dengan menggunakan model pembelajaran yang berbeda. Kelompok eksperimen 1 dengan menggunakan model Talking Stick dan kelompok eksperimen 2 dan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Setelah pembelajaran selesai, kedua kelompok eksperimen diberi posttest yang sama. Posttest inilah yang digunakan untuk mengetahui apakah ada pengaruh hasil belajar kognitif Al-Qur’an Hadits peserta didik melalui model Talking Stick dan melalui model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC).
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, metode dokumentasi, dan metode tes. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh gambaran umum dan data peserta didik dan metode tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar kognitif peserta didik. Untuk mendapatkan data yang obyektif terlebih dahulu dilakukan uji coba instrumen meliputi pengujian validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran. Data hasil penelitian yang terkumpul, dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis menggunakan analisis uji-t. Rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen 1 model Talking Stick adalah 75,00 dan kelompok eksperimen 2 model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) adalah 65,23. Berdasarkan uji kesamaan dua rata-rata dua pihak, diperoleh thitung = 3,534 dan ttabel = 2,021 karena thitung > ttabel, maka Ho di tolak dan Ha diterima. Artinya hasil belajar kelompok eksperimen 1 lebih tinggi dari kelompok eksperimen 2, dan kemudian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar menggunakan model Talking Stick dan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada materi pokok hadits tentang silaturahmi di MI Al Khoiriyyah 1 Semarang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: DR. H. Darmu’in, M. Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran; Pembelajaran kooperatif; Al-Qur’an Hadits |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 25 May 2015 08:03 |
Last Modified: | 25 May 2015 08:03 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4060 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year