Pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pokok perjuangan melawan penjajah kelas V di MI Miftakhul Akhlaqiyah Bringin Semarang
Fitriah, Tasdiqatul (2014) Pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pokok perjuangan melawan penjajah kelas V di MI Miftakhul Akhlaqiyah Bringin Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Walisongo.
103911055_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (257kB) | Preview
103911055_bab1.pdf - Accepted Version
Download (149kB) | Preview
103911055_bab2.pdf - Accepted Version
Download (156kB) | Preview
103911055_bab3.pdf - Accepted Version
Download (271kB) | Preview
103911055_bab4.pdf - Accepted Version
Download (117kB) | Preview
103911055_bab5.pdf - Accepted Version
Download (56kB) | Preview
103911055_bab5.pdf - Accepted Version
Download (56kB) | Preview
103911055_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (58kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media audio visual berpengaruh lebih baik dari pada pembelajaran konvensional. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di MI Miftakhul Akhlaqiyah Bringin Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V, yang terdiri dari V A dan V B. Kelas A terdiri dari 24 peserta didik sebagai kelas kontrol dan kelas V B terdiri dari 24 peserta didik sebagai kelas eksperimen.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan metode dokumentasi, wawancara, serta observasi. Sebelum diberi perlakuan kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas dan homogenitas dengan menggunakan nilai tes sebelumnya. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional dan kelas eksperimen menggunakan media audio visual. Setelah data didapat terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, homogenitas, dan uji signifikansi.
Dalam uji hipotesis penelitian menggunakan uji t-tes. Berdasarkan perhitungan t-tes dengan taraf signifikansi = 5% diperoleh thitung = 4,319, sedangkan ttabel = 1,68. Karena thitung>ttabel maka berarti rata-rata hasil belajar IPS peserta didik yang diajar dengan pembelajaran dengan menggunakan media audio visual mempunyai pengaruh pada hasil belajar peserta didik dari pada menggunakan pembelajaran metode konfensional. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 80,333 dan kelas kontrol = 70,000. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar IPS materi pokok perjuanga melawan penjajah kelas V di MI Miftakhul Akhlaqiyah Bringin Semarang.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi informasi dan masukan bagi kegiatan belajar mengajar di sekolah terutama dalam menerapkan strategi, metode, dan model pembelajaran yang baik dna tepat, yang dapat menumbuhkan aktifitas belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran; Strategi pembelajaran; Hasil belajar; Sejarah |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 900 Geography and history > 950 General history of Asia Far East > 959 General history of Asia Southeast Asia > 959.8 Sejarah Indonesia |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 25 May 2015 08:12 |
Last Modified: | 19 Feb 2022 02:51 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4064 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year