Penerapan program remedial untuk meningkatkan hasil belajar PAI bagi siswa yang kesulitan membaca teks Arab (studi kasus di kelas VIII SMP 28 Semarang tahun pelajaran 2009/2010)

Sa’adah, Nur (2009) Penerapan program remedial untuk meningkatkan hasil belajar PAI bagi siswa yang kesulitan membaca teks Arab (studi kasus di kelas VIII SMP 28 Semarang tahun pelajaran 2009/2010). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 3105016 _ Coverdll.pdf]
Preview
Text
3105016 _ Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 3105016 _ Bab 1.pdf]
Preview
Text
3105016 _ Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (29kB) | Preview
[thumbnail of 3105016 _ Bab 2.pdf]
Preview
Text
3105016 _ Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 3105016 _ Bab 3.pdf]
Preview
Text
3105016 _ Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (26kB) | Preview
[thumbnail of 3105016 _ Bab 4.pdf]
Preview
Text
3105016 _ Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 3105016 _ Bab 5.pdf]
Preview
Text
3105016 _ Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (19kB) | Preview
[thumbnail of 3105016 _ Bibliography.pdf]
Preview
Text
3105016 _ Bibliography.pdf - Bibliography

Download (18kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) hasil belajar PAI bagi siswa yang kesulitan membaca teks Arab di kelas VIII SMP 28 Semarang. (2) Untuk mengetahui penerapan program remedial dapat meningkatkan hasil belajar PAI bagi siswa yang kesulitan membaca teks Arab di kelas VIII SMP 28 Semarang.
Penelitian ini menggunakan studi kasus pada siswa kelas VIII SMP 28 Semarang. Dari hasil observasi secara langsung di kelas VIII melalui pembelajaran hal ini dapat dilihat dari kesiapan dan respon terbimbing pada saat pembelajaran berlangsung, hal ini juga tampak dengan adanya hasil belajar yang belum maksimal artinya belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Kesiapan dalam pembelajaran dan respon terbimbing siswa menggambarkan ketrampilan untuk mengikuti pembelajaran. Obyek penelitian ini adalah di kelas VIII SMP 28 Semarang dengan populasi 274 siswa yang terbagi dalam 7 kelas yaitu kelas VIII A 35 siswa, VIII B 36 siswa, VIII C 38 siswa, VIII D 43 siswa, kelas VIII E 38 siswa, kelas VIII F 41 siswa, kelas VIII G 43 siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan satu kelas untuk menerapkan program remedial yaitu kelas VIII B yang jumlahnya ada 36 siswa tetapi yang beragama Islam 27.
Setelah dilaksanakan tindakan melalui pembelajaran dengan pendekatan remedial dengan menciptakan suasana pembelajaran aktif maka suasana kelas menjadi hidup, hasil belajar menjadi maksimal. Penelitian sebelum dilaksanakannya program remedial rata-rata tes akhir 69,40 ada 9 siswa yang belum memenuhi KKM maka siswa tersebut mengikuti program remedial. Dan setelah dilaksanakan program remedial ini terdapat 5 siswa yang masih di bawah kriteria ketuntasan minimal. Dari keterangan jelas bahwa ada peningkatan sebelum diterapkan program remedial dengan sebelumnya. Namun dari penelitian tersebut terdapat siswa yang dari tahap sebelum dan setelah dilaksanakan program remedial ini mempunyai nilai skor tes akhir di bawah kriteria ketuntasan minimal, hal ini disebabkan karena beberapa hal yaitu karena kondisi kekeluargaan yang tidak mendukung dan memang daya ingat atau tingkat intelektualitas maupun IQ yang rendah.
Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan program remedial. Ketrampilan mambaca ini dapat dilihat dari respon terbimbing dan kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukkan bagi mahasiswa, tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Drs. Abdul Rahman, M. Ag.; Fakrur Rozi, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Program remedial; Hasil belajar PAI; Membaca teks Arab
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 06 May 2015 09:49
Last Modified: 06 May 2015 09:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4073

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics