Pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap keaktifan belajar siswa di kelas IV MI Miftahuth Tholibin Waru Mranggen Demak
Sa'adah, Iffatus (2014) Pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap keaktifan belajar siswa di kelas IV MI Miftahuth Tholibin Waru Mranggen Demak. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
103911068_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (382kB) | Preview
103911068_bab1.pdf - Accepted Version
Download (206kB) | Preview
103911068_bab2.pdf - Accepted Version
Download (323kB) | Preview
103911068_bab3.pdf - Accepted Version
Download (996kB) | Preview
103911068_bab4.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
103911068_bab5.pdf - Accepted Version
Download (52kB) | Preview
103911068_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (175kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap keaktifan belajar siswa kelas IV MI Miftahuth Tholibin Waru Mranggen Demak. Kajiannya dilatarbelakangi oleh siswa di kelas IV MI Miftahuth Tholibin Waru Mranggen Demak yang kurang aktif di kelas. Padahal dalam dunia pendidikan sekarang lebih menekankan kegiatan siswa aktif di kelas. Namun, di kelas tersebut hanya beberapa siswa saja yang aktif di kelas.
Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : 1) Bagaimana tingkat pendidikan orang tua siswa di kelas IV MI Mifatahuth Tholibin Waru Mranggen Demak ? 2) Adakah pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap keaktifan belajar siswa di kelas IV MI Miftahuth Tholibin Waru Mranggen Demak ?
Penelitian ini dibahas melalui penelitian kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, yang menjadi populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Miftahuth Tholibin Waru Mranggen Demak yang berjumlah 28 siswa. Data diperoleh menggunakan angket, observasi dan dokumentasi.
Data yang diperoleh dari data angket, observasi dan dokumentasi dianalisis menggunakan analisis anava. Kajian ini menunjukkan bahwa 1) Berdasarkan data yang penulis peroleh dari dokumentasi Kartu Keluarga (KK) tentang tingkat pendidikan orang tua siswa kelas IV MI Miftahuth Tholibin Waru Mranggen Demak bahwa 22 orang tua siswa tamat SD/MI, SLTP/MTs sederajat, 3 orang tua siswa tamat SLTA/MA sederajat, dan 3 orang tua siswa tamat PT/Akademi. 2) Tidak ada pengaruh yang signifikan antara pendidikan orang tua terhadap keaktifan belajar siswa di kelas IV MI Miftahuth Tholibin Waru Mranggen Demak. Hal ini ditunjukkan berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan analisis anava satu jalur diperoleh nilai F_hitung = 0,41 Kemudian dikonsultasikan pada F_tabel, baik pada taraf signifikansi 5% maupun 1%. Diketahui bahwa F_tabel pada taraf signifikansi 5% = 4,23 dan pada taraf signifikansi 1% = 7,72. Maka nilai F_hitung sebesar 0,41 lebih kecil daripada F_tabel, baik pada taraf signifikansi 5% maupun 1%. Dengan demikian, hasilnya dinyatakan non signifikan dan hipotesis yang diajukan tidak diterima. Artinya tidak ada pengaruh antara tingkat pendidikan orang tua terhadap keaktifan belajar siswa di kelas IV MI Miftahuth Tholibin Waru Mranggen Demak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: DR. H. Saifuddin Zuhri, M. Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Orang Tua; Keaktifan belajar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 30 May 2015 02:05 |
Last Modified: | 30 May 2015 02:05 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4084 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year