Penerapan strategi LSQ (Learning Start with a Question) dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX mata pelajaran Fiqih materi riba di MTs NU Demak
Kheli, Nur (2009) Penerapan strategi LSQ (Learning Start with a Question) dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX mata pelajaran Fiqih materi riba di MTs NU Demak. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
3105054 _ Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (60kB) | Preview
3105054 _ Bab 1.pdf - Accepted Version
Download (39kB) | Preview
3105054 _ Bab 2.pdf - Accepted Version
Download (101kB) | Preview
3105054 _ Bab 3.pdf - Accepted Version
Download (52kB) | Preview
3105054 _ Bab 4.pdf - Accepted Version
Download (76kB) | Preview
3105054 _ Bab 5.pdf - Accepted Version
Download (12kB) | Preview
3105054 _ Bibliography.pdf - Bibliography
Download (15kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX mata pelajaran fiqih materi riba dengan menerapkan strategi LSQ (Learning Start with a Question) di MTs NU Demak.
Penelitian ini menggunakan studi tindakan (action research) pada siswa kelas IX MTs NU Demak. Dari hasil observasi secara langsung di kelas melalui tahap pra siklus, dapat diketahui metode mengajar guru masih didominasi metode ceramah. Tidak menggunakan strategi pembelajaran aktif. Sehingga komunikasi yang diciptakan hanya satu arah, akibatnya siswa menjadi jenuh dan kurang memperhatikan pelajaran. Hasil belajar siswa juga belum bisa maksimal artinya belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dalam penelitian ini peneliti menggunakan satu kelas yaitu kelas IX D untuk menerapkan strategi LSQ yang ada 38 siswa.
Setelah dilaksanakan tindakan melalui pembelajaran dengan strategi LSQ dengan menciptakan suasana pembelajaran aktif, maka suasana kelas menjadi hidup, peserta didik tidak jenuh. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Pada tahap pra siklus keaktifan peserta didik mempunyai prosentase 44 % dan rata-rata tes akhir 71,45. Pada siklus 1 setelah dilaksanakan tindakan keaktifan belajar peserta didik meningkat menjadi 56 % dan rata-rata tes akhir 79,60. Sedangkan pada siklus 2 setelah diadakan evaluasi pelaksanaan tindakan pada siklus 2 mengalami peningkatan yaitu keaktifan peserta didik dapat diprosentasekan menjadi 72 % dan rata-rata tes akhir peserta didik adalah 85,92. Dari tiga tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan sebelum diterapkan strategi Learning Start with a Question dengan sebelumnya. Namun dari penelitian tersebut terdapat siswa yang dari tahap pra siklus, siklus pertama dan kedua mempunyai nilai skor tes akhir di bawah kriteria ketuntasan minimal, hal ini disebabkan karena beberapa hal yaitu memang daya ingat atau tingkat intelektualitas maupun IQ yang rendah.
Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan keaktifan peserta didik dan hasil belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dengan strategi Learning Start with a Question.
Hasil penelitian tersebut, diharapkan dapat memberi pengetahuan kepada semua pihak (peserta didik, guru, orang tua) untuk dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam suatu pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Amin Farih M. Ag.; Fakrur Rozi, M. Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Strategi pembelajaran; Learning Start with a Question (LSQ ); Hasil Belajar; Fiqih |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Agus Sopan Hadi |
Date Deposited: | 08 May 2015 08:03 |
Last Modified: | 08 May 2015 08:03 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4100 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year