Efektivitas Pembelajaran dengan Metode Course Review Horay pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI Semester I Materi Pokok Termokimia untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Kimia di MA Al Hadi Mranggen Kabupaten Demak Tahun Ajaran 2012/2013
Danoni, Danoni (2013) Efektivitas Pembelajaran dengan Metode Course Review Horay pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI Semester I Materi Pokok Termokimia untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Kimia di MA Al Hadi Mranggen Kabupaten Demak Tahun Ajaran 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
083711005_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (2MB) | Preview
083711005_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (27kB) | Preview
083711005_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (160kB) | Preview
083711005_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (76kB) | Preview
083711005_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (163kB) | Preview
083711005_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (24kB) | Preview
083711005_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (14kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen berdesain “Pretest-Posttes Control Group Design”. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah pembelajaran dengan Motode Course Review Horay efektif dalam meningkatkan kemampuan numerasi kimia pada materi pokok termokimia? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dengan dengan metode Course Review Horay dalam meningkatkan kemampuan numerasi kimia pada materi pokok termokimia.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan metode analisis data secara kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA di MA Al Hadi Mranggen, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling, yaitu penarikan seluruh anggota populasi menjadi objek penelitian tanpa ada yang tersisa. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan metode tes. Data yang sudah terkumpul sebelumnya diuji normalitas dan homogenitasnya. Pada uji normalitas awal diperoleh kelompok eksperimen χ2 hitung = 5,619 dan uji normalitas data akhir kelompok eksperimen χ2 hitung = 6,967 dengan α = 5% dari tabel distribusi Chi-kuadrat didapat χ2 tabel = 11,070, sehingga χ2 hitung < χ2 tabel, dapat disimpulkan data tersebut berdistribusi normal. Uji homogenitas kelompok eksperimen dengan menggunakan uji kesamaan 2 varian, diperoleh Fhitung =1,188, dan Ftabel = 1,85, dengan taraf signifikan 5%, maka Fhitung < Ftabel, artinya sampel dalam keadaan homogen. Pengujian hipotesis menggunakan analisis uji t. Uji t dilakukan untuk menguji hipotesis yang ditemukan. Dari hasil analisis menunjukkan hasil rata-rata kelompok eksperimen adalah 75,667. Berdasarkan uji t satu pihak, yaitu pihak kanan, diperoleh data thitung = 2,792, sedangkan ttabel 1,67, karena thitung > ttabel maka H0 ditolak. Artinya metode Course Review Horay efektif dalam meningkatkan kemampuan numerasi kimia peserta didik XI IPA pada materi termokimia. Berdasarka uji prosentase keefektifan, pada kelas eksperimen mencapai 76,67% (efektif).
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode Course Review Horay efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan kemampuan numerasi kimia peserta didik kelas XI IPA pada mata pelajaran kimia materi pokok termokimia di MA Al Hadi Mranggen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas Pembelajaran; Metode Course Review Horay; Termokimia; Numerasi Kimia |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84204 - Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 04 Dec 2013 01:36 |
Last Modified: | 04 Dec 2013 01:36 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/413 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year