Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing pada Materi Pokok Struktur Atom pada Peserta Didik Kelas X MA Nahdlotul Ulama’ Mranggen Demak Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2011-2012
Nur, Mardliatun (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing pada Materi Pokok Struktur Atom pada Peserta Didik Kelas X MA Nahdlotul Ulama’ Mranggen Demak Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2011-2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
083711012_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (326kB) | Preview
083711012_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (26kB) | Preview
083711012_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (233kB) | Preview
083711012_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (233kB) | Preview
083711012_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (208kB) | Preview
083711012_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (8kB) | Preview
083711012_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (15kB) | Preview
Abstract
Proses kegiatan pembelajaran konvensional (ceramah) oleh guru masih mendominasi di MA-NU Mranggen. Peserta didik dianggap sebagai botol kosong yang harus diisi dengan segudang ilmu pengetahuan dan informasi dari guru. Hal ini menyebabkan kegiatan pembelajaran MA-NU Mranggen bersifat monoton sehingga kreatifitas peserta didik sulit berkembang. Salah satu metode mengajar yang memungkinkan peserta didik berperan aktif dalam pembelajaran adalah model pembelajaran kooperatif tipe Role Playing. Role Playing adalah suatu cara penguasaan bahan-bahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan peserta didik yang dilakukan peserta didik dengan memerankan imajinasi sebagai tokoh hidup atau benda mati. Pemeranan ini dilakukan lebih dari satu orang/kelompok. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan revolusi pembelajaran di dalam kelas, sehingga tidak ada lagi kelas sunyi serta dapat diperoleh sejumlah peran tertentu yang ada di masyarakat sebagai bahan untuk mengidentifikasi kompetensi yang perlu dikembangkan dan dimiliki oleh peserta didik.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pokok struktur atom pada peserta didik kelas X MA Nahdlotul Ulama’ Mranggen Demak 59567. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kimia dengan menggunakan model kooperatif tipe Role Playing pada materi pokok struktur atom pada peserta didik kelas X MA Nahdlotul Ulama’ Mranggen Demak.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Pelaksanaan tindakan pada masing-masing siklus meliputi: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I ada 26 peserta yang tuntas dengan nilai rata-rata kelas 75,60; Persentase hasil kognitif 70,27%; Persentase keaktifan peserta didik 48,65%. Sedangkan pada siklus II menjadi 33 peserta yang tuntas dengan nilai rata-rata kelas 80,54; Persentase hasil kognitif 89,19%; Persentase keaktifan peserta didik 89,20%. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran kooperatif Tipe Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar kimia materi pokok struktur atom pada peserta didik kelas X MA Nahdlotul Ulama’ Mranggen Demak.
Sebagai tindak lanjut disarankan bagi sekolah untuk memiliki panduan inovatif model pembelajaran kooperatif sehingga dapat meningkatkan mutu pembelajaran, bagi guru untuk mengadakan penelitian lebih lanjut tentang pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Role Playing ini, hal ini tidak hanya pada materi pokok struktur atom untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, namun bisa diterapkan pada materi pokok yang lain, baik mata pelajaran kimia maupun selain kimia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kooperatif; Struktur Atom; Role Playing |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 542 Techniques, procedures, equipment, materials |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 04 Dec 2013 01:37 |
Last Modified: | 04 Dec 2013 01:37 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/414 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year