Efektivitas pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) berbasis masalah dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik MA Manbaul Ulum pada materi reaksi reduksi oksidasi
Malikhah, Maya (2014) Efektivitas pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) berbasis masalah dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik MA Manbaul Ulum pada materi reaksi reduksi oksidasi. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
103711016_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (568kB) | Preview
103711016_bab1.pdf - Accepted Version
Download (166kB) | Preview
103711016_bab2.pdf - Accepted Version
Download (619kB) | Preview
103711016_bab3.pdf - Accepted Version
Download (341kB) | Preview
103711016_bab4.pdf - Accepted Version
Download (372kB) | Preview
103711016_bab5.pdf - Accepted Version
Download (131kB) | Preview
103711016_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (177kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik MA Manbaul Ulum Pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi. Kajiannya dilatar belakangi oleh hasil ulangan harian materi reaksi reduksi dan oksidasi yang rendah pada tahun ajaran 2012/2013 yaitu sebesar 44.33. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbasis masalah efektif dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbasis masalah dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik MA Manbaul Ulum materi Reaksi Reduksi dan Oksidasi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan kelas eksperimen berjumlah 30 peserta dan kelas kontrol berjumlah 28 peserta.
Penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) berbasis masalah dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik MA Manbaul Ulum pada materi Reaksi Reduksi Oksidasi, diawali dengan pendahuluan, penyampaian materi, pembentukan kelompok, pemahaman materi, pemberian nilai dan penutup. Pada pelaksanaannya guru hanya sebagai penyampai informasi, fasilitator dan pembimbing. Aktivitas belajar berpusat pada peserta didik, sehingga peserta didik dapat lebih aktif. Dalam uji hipotesis penelitian menggunakan Uji t-tes. Berdasarkan perhitungan Uji t-tes dengan taraf signifikasi 5% diperoleh thitung = 2.1707 sedangkan ttabel = 2.003. Karena thitung > ttabel berarti bahwa nilai rata-rata hasil belajar kognitif peserta didik pada materi reaksi reduksi dan oksidasi dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbasis masalah pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada nilai rata-rata hasil belajar kognitif peserta didik kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, hal ini dapat dilihat dari hasil tes yang menunjukkan bahwa kelas eksperimen mendapat nilai rata-rata lebih tinggi yaitu 72.82 dengan ketuntasan belajar 83.33 %, sedangkan kelas kontrol mendapat nilai rata-rata yang lebih kecil yaitu 68.93 dengan ketuntasan 67.85%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaan kooperatif tipe NHT berbasis masalah efektif terhadap hasil belajar materi reaksi reduksi dan oksidasi pada peserta didik kelas X semester genap MA Manbaul Ulum.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | pembimbing: Drs. Wahyudi, M. Pd.; Wirda Udaibah, M. Si. |
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; Pembelajaran kooperatif; Hasil belajar; Kimia |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84204 - Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 25 Jun 2015 07:49 |
Last Modified: | 25 Jun 2015 07:49 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4180 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year