Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi pokok bangun ruang sisi lengkung SMP N 23 Semarang tahun ajaran 2014/2015

Syarifudin, Ahmad (2014) Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi pokok bangun ruang sisi lengkung SMP N 23 Semarang tahun ajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_103511002_Ahmad_Syarifudin]
Preview
Text (SKRIPSI_103511002_Ahmad_Syarifudin)
103511003_coverdll.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (337kB) | Preview
[thumbnail of 103511003_bab1.pdf]
Preview
Text
103511003_bab1.pdf - Accepted Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 103511003_bab2.pdf]
Preview
Text
103511003_bab2.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 103511003_bab3.pdf]
Preview
Text
103511003_bab3.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 103511003_bab4.pdf]
Preview
Text
103511003_bab4.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1103511003_bab5.pdf]
Preview
Text
1103511003_bab5.pdf - Accepted Version

Download (811kB) | Preview
[thumbnail of 103511003_bibliografi.pdf]
Preview
Text
103511003_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (46kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh salah satu tujuan
pendidikan yang diterbitkan oleh Depdiknas (2006) dalam Standar
Kompetensi mata pelajaran Matematika. Dalam tujuan mata pelajaran
matematika menunjukkan bahwa salah satu peran matematika adalah
untuk mempersiapkan peserta didik agar sanggup menghadapi
perubahan keadaan atau tantangan-tantangan di dalam kehidupan dan
dunia yang selalu berkembang. Persiapan-persiapan itu dilakukan
melalui latihan membuat keputusan dan kesimpulan atas dasar
pemikiran secara logis, rasional, kritis, cermat, jujur, efektif dan
efisien. Di samping itu, peserta didik diharapkan dapat menggunakan
matematika dan cara berpikir matematika dalam menyelesaikan
masalah sehari-hari. Pemecahan masalah dalam matematika sangat
penting bagi peserta didik dalam proses pembelajaran dan
penyelesaiannya. Peserta didik dimungkinkan memperoleh
pengalaman, menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang sudah
dimiliki untuk diterapkan pada pemecahan masalah yang bersifat
rutin.
Dari sini, penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan
masalah, yaitu Apakah terdapat pengaruh kemampuan berpikir kritis
terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik materi pokok
bangun raung sisi lengkung SMP Negeri 23 Semarang tahun ajaran
2014/1015.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode tes. Populasi pada
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 23 Semarang
yang terdiri atas 286 siswa dari 8 kelas. Dengan menggunakan teknik
Simple Random Sampling, dari populasi yang ada diambil 15%
menjadi 43 siswa diambil secara acak dari 8 kelas tersebut sebagai
sampel.
vii
Data dikumpulkan dengan menggunakan metode dokumentasi
dan tes. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik korelasi
product moment dan analisis regresi sederhana.
Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh yang
signifikan persepsi siswa tentang kemampuan berpikir kritis terhadap
kemampuan pemecahan masalah pada materi pokok bangun ruang sisi
lengkung SMP Negeri 23 Semarang tahun ajaran 2014/2015. Hal ini
ditunjukkan dari nilai Fhitung = 9,13 dan Ftabel = 4,08 dengan taraf
signifikansi 5% dapat dilihat bahwa Fhitung > Ftabel, Signifikan. (2)
Besar pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan
pemecahan masalah pada materi pokok bangun ruang sisi lengkung
SMP Negeri 23 Semarang tahun ajaran 2014/2015 adalah sebesar
18%, ditunjukkan oleh koefisien determinasi r
2
= 0,18. Hal ini berarti
bahwa 18% kemampuan pemecahan masalah pada materi pokok
bangun ruang sisi lengkung dipengaruhi oleh kemampuan berpikir
kritis dengan variasi skor hasil kemampuan berpikir kritis terhadap
kemampuan pemecahan masalah pada materi pokok bangun ruang sisi
lengkung melalui fungsi taksiran Y=43,24+0,38X

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: kemampuan berpikir kritis; kemampuan pemecahan masalah; materi pokok bangun ruang sisi lengkung
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 26 Jun 2015 06:36
Last Modified: 29 May 2021 04:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4189

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics