Efektivitas Pembelajaran Berbasis Penilaian Performance dengan Media Chemo-Edutainment Kartu Ionik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X pada Materi Pokok Ikatan Kimia di MA NU Demak Tahun Pelajaran 2012/2013

Ulya, Nafiatul (2012) Efektivitas Pembelajaran Berbasis Penilaian Performance dengan Media Chemo-Edutainment Kartu Ionik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X pada Materi Pokok Ikatan Kimia di MA NU Demak Tahun Pelajaran 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 083711017_Coverdll.pdf]
Preview
Text
083711017_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 083711017_Bab1.pdf]
Preview
Text
083711017_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 083711017_Bab2.pdf]
Preview
Text
083711017_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (313kB) | Preview
[thumbnail of 083711017_Bab4.pdf]
Preview
Text
083711017_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 083711017_Bab3.pdf]
Preview
Text
083711017_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 083711017_Bab5.pdf]
Preview
Text
083711017_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (23kB) | Preview
[thumbnail of 083711017_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
083711017_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (10kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan penilaian pada hakikatnya harus dilakukan secara berkala dan berkesinambungan. Disamping itu juga, penilaian harus dapat menaksirkan kemampuan secara menyeluruh yang meliputi proses dan hasil pertumbuhan dan perkembangan wawasan, pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang dicapai dalam belajar. Dengan adanya penilaian pada saat proses belajar mengajar, siswa terdorong untuk memahami materi yang sedang dipelajari, sehingga siswa aktif dalam kegiatan belajar mengajar dan pada akhirnya hasil belajar siswa akan meningkat. Seorang guru perlu memilih media mana yang paling tepat digunakan sehingga siswa akan memperoleh hasil belajar yang maksimal. Banyak cara yang dapat digunakan oleh seorang guru untuk menyampaikan materi pelajaran diantaranya adalah menggunakan pembelajaran yang tepat dan dibantu dengan adanya media yang menarik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran berbasis penilaian performance dengan media chemo-edutaniment bentuk kartu ionik dalam meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas X pada materi pokok ikatan kimia di MANU Demak. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X sebanyak 120 siswa yang terbagi dalam 3 kelas yaitu kelas X-1 s/d X-3. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-3 sebagai kelas ekperimen dan kelas X-1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah masing-masing kelas 40 siswa sedangkan kelas XI IPA 1 sebagai kelas uji coba. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan teknik Cluster Random Sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu media chemo-edutainment kartu ionik sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar siswa kelas X. Metode yang digunakan dalam pengambilan data adalah metode dokumentasi, metode observasi, dan metode tes. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yaitu penelitian eksperimen dengan menggunakan pola rancangan random pre tes-post tes.
Hasil Analisis data menunjukan adanya efektivitas pembelajaran berbasis penilaian performance dengan media chemo-edutainment kartu ion dalam meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas X. Hal ini ditunjukkan dengan uji perbedaan dua rata-rata dari kedua sampel yang diteliti diperoleh nilai thitung=4,078 dan ttabel t (0,95) (78) = 1,66 dengan taraf signifikan α = 5 % dan dk = n1 + n2 – 2 = 40 + 40 – 2 = 78, peluang 1 – α = 1 – 0,05 = 0,95 menunjukan bahwa t hitung > t tabel, jadi Ha : μ1 > μ2 diterima. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis penilaian performance dengan media chemo-edutaiment kartu ion efektif dalam meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas X pada materi pokok ikatan kimia di MANU Demak Tahun Pelajaran 2012/2013

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Pembelajaran; Pokok Ikatan Kimia; Media Chemo-Edutainment; Kartu Ionik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 04 Dec 2013 01:42
Last Modified: 04 Dec 2013 01:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/419

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics