Pengaruh keaktifan siswa dalam pembelajaran berbasis kegiatan laboratorium materi pokok biologi sel terhadap hasil belajar praktikum biologi di kelas XI MAN Semarang I Semarang

Murdiyahwati, Eko (2009) Pengaruh keaktifan siswa dalam pembelajaran berbasis kegiatan laboratorium materi pokok biologi sel terhadap hasil belajar praktikum biologi di kelas XI MAN Semarang I Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 3105224 _ Coverdll.pdf]
Preview
Text
3105224 _ Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 3105224 _ Bab 1.pdf]
Preview
Text
3105224 _ Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 3105224 _ Bab 2.pdf]
Preview
Text
3105224 _ Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 3105224 _ Bab 3.pdf]
Preview
Text
3105224 _ Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 3105224 _ Bab 4.pdf]
Preview
Text
3105224 _ Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 3105224 _ Bab 5.pdf]
Preview
Text
3105224 _ Bab 5.pdf

Download (8kB) | Preview
[thumbnail of 3105224 _ Bibliography.pdf]
Preview
Text
3105224 _ Bibliography.pdf - Bibliography

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Keaktifan siswa dalam kegiatan laboratorium pada praktikum biologi di kelas XI MAN Semarang 1 Semarang. 2) Hasil belajar biologi di kelas XI MAN Semarang 1 Semarang. 3) Pengaruh Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Berbasis Kegiatan Laboratorium Terhadap Hasil Belajar Biologi di Kelas XI MAN Semarang 1 Semarang. Pada penelitian ini yang menjadi variabel X adalah keaktifan siswa dalam kegiatan laboratorium, sedangkan yang menjadi variabel Y adalah hasil belajar Biologi.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Data dikumpulkan menggunakan metode : 1) angket atau kuesioner, yaitu untuk mengumpulkan data tentang keaktifna siswa melalui pertanyaan yang berkaitan dengan keaktifan siswa; 2) Dokumentasi, yaitu untuk mengetahui nilai praktikum siswa yang dijadikan objek penelitian serta mengetahui sejarah struktur organisasi , keadaan guru dan siswa MAN Semarang 1 Semarang; 3) wawancara, yaitu untuk memperoleh dan melengkapi data-data yang belum diperoleh dari angket dan dokumentasi. 4) Metode observasi adalah metode ilmiah yang biasa dilakukan dan diartikan sebagai pengamatan dan pencatatan secara sistematis fenomena- fenomena yang diselidiki. Metode ini digunakan untuk memperoleh data yang diperlukan dengan cara melihat/ mengamati secara langsung keaktifan siswa dalam pembelajaran berbasis kegiatan laboratorium.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) keaktifan siswa MAN Semarang 1 Semarang berada dalam kondisi baik, dengan nilai rata-rata yang diperoleh 86,58 yang berada pada interval 70-91; 2) Hasil belajar siswa MAN Semarang 1 Semarang berada dalam kondisi yang baik sekali, terbukti dengan nilai rata-rata yang diperoleh 86,5 berada pada interval 84-95. Selanjutnya analisis yang digunakan adalah analisis regresi dan korelasi, hasil analisis menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh positif antara keaktifan siswa dengan hasil biologi siswa MAN Semarang 1 Semarang ditunjukkan oleh koefisien rxy = 0,585. Angka ini lebih besar dari r tabel, baik pada taraf signifikansi 1% maupun 5% dan koefisien determinasinya r2xy = 0,342. ahal ini menunjukkan bahwa 34,2% hasil belajar biologi ditentukan oleh keaktifan siswa melalui fungsi taksiran Y = 0,405491698x + 51,03801174.
Berdasarkan hasil ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para pembaca, mahasiswa, para tenaga pengajar mata kuliah jurusan dan program studi di Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang dalam memberikan motivasi kepada mahasiswa agar senantiasa meningkatkan hasil belajar dan mendidik mahasiswa menjadi lulusan yang mempunyai kemampuan memadai sesuai dengan bidang studinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Keaktifan Siswa; Pembelajaran Berbasis Laboratorium; Hasil Belajar; Praktikum Biologi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 11 Jun 2015 09:12
Last Modified: 24 May 2021 06:13
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4242

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics