Penerapan Model Pembelajaran “Active Debate” untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Aspek Akhlak (Studi Kasus di SMA Kesatrian 2 Semarang)
Khoiri, Khoiri (2010) Penerapan Model Pembelajaran “Active Debate” untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Aspek Akhlak (Studi Kasus di SMA Kesatrian 2 Semarang). Masters thesis, IAIN Walisongo.
Khoiri_Tesis_Sinopsis.pdf - Submitted Version
Download (240kB) | Preview
Khoiri_Tesis_Coverdll.pdf - Cover Image
Download (131kB) | Preview
Khoiri_Tesis_Bab1.pdf - Submitted Version
Download (47kB) | Preview
Khoiri_Tesis_Bab2.pdf - Submitted Version
Download (146kB) | Preview
Khoiri_Tesis_Bab3.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only
Download (89kB)
Khoiri_Tesis_Bab4.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only
Download (71kB)
Khoiri_Tesis_Bab5.pdf - Submitted Version
Download (10kB) | Preview
Khoiri_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (18kB) | Preview
Abstract
Pembelajaran Akhlaq di Sekolah Menengah Atas (SMA) biasanya lebih menekankan pada metode ceramah, dan cenderung berpusat pada guru (teacher centered) sehingga pembelajaran yang ada kurang efektif. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan di SMA Kesatrian 2 Semarang, menunjukkan bahwa aktivitas belajar dan prestasi belajar siswa masih rendah (ketuntasan belajar klasikal masih sebesar 66,15%). Hal ini salah satunya disebabkan oleh model pembelajaran yang diterapkan guru kurang variatif (penjelasan teori dilanjutkan dengan menulis secara individual).
Penelitian ini mencoba menerapkan model pembelajaran active debate. Alasan pemilihan model ini karena diperkirakan akan mampu mengatasi permasalahan di atas, yaitu meningkatkan aktivitas belajar siswa dan meningkatkan prestasi belajar siswa, serta sekaligus meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dirancang 3 siklus dengan 5 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI.1 SMA Kesatrian 2 Semarang semester genap yang berjumlah 40 orang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 21 siswi perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Maret sampai dengan Mei 2010.
Setelah melakukan aplikasi model, observasi proses, evaluasi hasil, dan refleksi perilaku pembelajaran sebanyak tiga siklus, diperoleh data bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran active debate dapat meningkatkan aktivitas belajar dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam aspek akhlak. Hasil selama proses pembelajaran berupa tes dan observasi mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 57.50% menjadi 67.50% pada siklus II, dan dari siklus II 67.50 menjadi 87.50% pada siklus III ini berarti ketuntasan individual dan klasikal sudah tercapai.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Active Debate; Model Pembelajaran; Aktivitas Belajar; Prestasi Belajar |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Master (S2) |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 04 Dec 2013 01:33 |
Last Modified: | 04 Dec 2013 01:33 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/426 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year