Meningkatkan hasil belajar SKI melalui pembelajaran aktif role playing materi pokok dinasti al-Ayyubiah pada siswa kelas IX F MTs al-Asror Gunung Pati Semarang tahun ajaran 2009-2010

Sudrajat, Sudrajat (2009) Meningkatkan hasil belajar SKI melalui pembelajaran aktif role playing materi pokok dinasti al-Ayyubiah pada siswa kelas IX F MTs al-Asror Gunung Pati Semarang tahun ajaran 2009-2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 3105350 _ Coverdll.pdf]
Preview
Text
3105350 _ Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 3105350 _ Bab 1.pdf]
Preview
Text
3105350 _ Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 3105350 _ Bab 2.pdf]
Preview
Text
3105350 _ Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 3105350 _ Bab 3.pdf]
Preview
Text
3105350 _ Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 3105350 _ Bab 4.pdf]
Preview
Text
3105350 _ Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 3105350 _ Bab 5.pdf]
Preview
Text
3105350 _ Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[thumbnail of 3105350 _ Bibliography.pdf]
Preview
Text
3105350 _ Bibliography.pdf - Bibliography

Download (16kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran SKI di kelas IX F cenderung menggunakan metode ceramah sehingga guru memegang kendali kelas, sehingga siswa tidak berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, Akibatnya hasil pembelajaran tidak optimal. Salah satu alternatif adalah dengan menggunakan metode pembelajaran yang mampu membuat siswa aktif yaitu salah satu metode pembelajaran tersebut adalah metode pembelajaran aktif role playing.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IX F MTs Al-Asror Gunung Pati Semarang dengan menggunakan metode pembelajaran aktif Role Playing mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) pokok bahasan Dinasti Al-Ayyubiah
Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus mencakup empat tahapan kegiatan yaitu (1) Perencanaan (planning) (2) Pelaksanaan tindakan (acting) (3) Pengamatan (observing) dan (4) Refleksi (reflecting). Adapun pengumpulan datanya dengan menggunakan tes. Sedangkan analisisnya menggunakan teknik analisis deskripsi prosentase. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah tercapainya ketuntasan belajar secara individu dan klasikal. Seorang siswa dikatakan tuntas belajar secara individu apabila mencapai skor 65, dan untuk tuntas belajar secara klasikal jika 85% siswa mendapat skor 65 atau lebih.
Sebelum melaksanakan pembelajaran dengan metode role playing diadakan tahap pra siklus dengan melihat secara langsung pembelajaran dengan metode ceramah dan di dapat data pada tahap pra siklus ini, tahap para siklus menunjukkan belum tuntas hasil belajarnya, hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata yang diperoleh 62,98 dan ketuntasan belajar klasikal 25%. Untuk itu perlu diadakan variasi pembelajaran yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran role playing, pada pelaksanaan siklus I menggunakan metode pembelajaran role playing menunjukkan rata-rata yang diperoleh 74,83 dan ketuntasan belajar klasikal 80%. Dengan mengadakan perbaikan-perbaikan pada peningkatan keaktifan peserta didik, diadakan pembelajaran siklus II. Analisis hasil pembelajaran meningkat dengan rata-rata yang dicapai pada siklus II 82,50 dan ketuntasan belajar 85%.
Adapun melalui wawancara kepada peserta didik setelah pelaksanaan siklus II tentang tanggapan terhadap pelaksanaan pembelajaran role playing diketahui bahwa dengan metode pembelajaran role playing menyenangkan, mengasah kreatifitas seorang pelajar dan metode ini dapat diterapkan pada semua mata pelajaran. Sehingga dengan metode ini diharapkan dapat menjadikan suasana kelas hidup.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Fatah Syukur, M. Ag.; Drs. H. Abdul Wahib, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Metode Pembelajaran; Pembelajaran Aktif; Sejarah dan kebudayaan Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.6 Islamic history
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 23 Jun 2015 06:04
Last Modified: 23 Jun 2015 06:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4261

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics