Studi Efikasi Guru dalam Mempersiapkan dan Melaksanakan Pembelajaran Praktikum Kimia Koloid Kelas Xi-IPA di MA Negeri Demak Tahun Pelajaran 2011/2012
Muyasaroh, Siti (2012) Studi Efikasi Guru dalam Mempersiapkan dan Melaksanakan Pembelajaran Praktikum Kimia Koloid Kelas Xi-IPA di MA Negeri Demak Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
083711035_Coverdll.pdf - Cover Image
Download (589kB) | Preview
083711035_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (46kB) | Preview
083711035_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (162kB) | Preview
083711035_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (54kB) | Preview
083711035_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (90kB) | Preview
083711035_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (14kB) | Preview
083711035_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (17kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan dan peranan serta hal apa yang melatar belakangi efikasi diri guru dalam mempersiapkan dan melaksanakan suatu pembelajaran praktikum kimia di kelas XI IPA MA Negeri Demak. Pertanyaan penelitian yang menjadi inti adalah bagaimana efikasi diri seorang guru kimia pada saat menyiapkan dan melaksanakan pembelajaran praktikum kimia.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, yang mana digunakan untuk mendiskripsikan gejala-gejala yang diamati pada seorang guru kimia di MA Negeri Demak ketika melaksanakan persiapan dan pada saat praktikum. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode triangulasi, yaitu metode sumber dan metode teknik, adapun untuk memperoleh data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumnetasi. Key informan dalam penelitian ini adalah guru kimia kelas XI, dan informan adalah guru kimia (teman) dari key informan dan siswa kelas XI.
Hasil penelitian ini menunjukkan efikasi diri guru dalam menyiapkan dan melaksanakan pembelajaran praktikum di kelas XI ini memiliki efikasi diri yang positif, di mana key informan (guru kima kelas XI) selalu berusaha melaksanakan tugasnya sebaik mungkin, mempunyai kepercayaan diri yang tinggi pada setiap kesulitan yang dihadapinya dan berusaha untuk menyelesaikannya, serta memiliki kemampuan menyesuaikan diri yang baik, dan juga mempunyai kapasitas kognitif, kecerdasan dan kapasitas bertindak yang baik juga. Berdasarkan tiga aspek yang digunakan peneliti mengukur efikasi diri pada key informan, ketiga aspek tersebut bernilai positif, mesipun ada beberapa hal yang perlu diperbaiki lagi.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan masukan bagi pihak yang terkait, serta kontribusi pemahaman terhadap arti pentingnya efikasi diri guru dalam proses praktikum dan diharapkan penelitian ini juga memberikan informasi dan masukan mengenai alasan efikasi diri guru dalam mempersiapkan dan melaksanakan pembelajaran praktikum.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efikasi Guru; Kimia Koloid; |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 542 Techniques, procedures, equipment, materials |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84204 - Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 04 Dec 2013 02:45 |
Last Modified: | 04 Dec 2013 02:45 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/432 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year