Faktor-faktor yang mempengaruhi impulse buying pada konsumen jilbab di Pasar Johar Semarang

Fadliyah, Lina (2015) Faktor-faktor yang mempengaruhi impulse buying pada konsumen jilbab di Pasar Johar Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 112411112.pdf]
Preview
Text
112411112.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pasar Johar Semarang merupakan pasar tradisional terbesar di kota Semarang. Pasar yang merupakan warisan budaya peninggalan Belanda ini terletak di kawasan perdagangan di pusat Kota Semarang, tepatnya di kawasan alun-alun lama Kota Semarang. Keberadaan pasar ini sangat penting karena menyediakan segala macam kebutuhan masyarakat, serta sebagai sumber mata pencaharian dimana aktifitas penjual dan pembeli terus berlangsung.
Penelitian ini membahas tentang masalah faktor-faktor yang mempengaruhi impulse buying. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Menganalisis pengaruh display produk terhadap impulse buying pada konsumen hijab di pasar Johar Semarang. 2) Menganalisis pengaruh personal selling terhadap impulse buying pada konsumen jilbab di pasar Johar Semarang. 3) Sejauh mana kemampuan display produk dan personal selling dalam menjelaskan impulse buying pada konsumen jilbab di pasar Johar Semarang.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan sumber data primer. Sampel dalam penelitian ini menggunakan accidential sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner yaitu pengumpulan data berupa pertanyaan tertulis untuk memperoleh keterangan dari sejumlah responden. Dan menggunakan alat ukur berupa validitas dan reliabilitas untuk mengetahui kevalidan hasil penelitian dan reliabel menggunakan metode cronbach alpha. Selanjutnya analisis data menggunakan metode analisis regresi linier berganda untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi impulse buying pada konsumen jilbab di pasar Johar Semarang. Uji hipotesis menggunakan uji parsial, uji simultan, koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan pertama, display produk berpengaruh signifikan terhadap impulse buying pada konsumen jilbab di pasar Johar Semarang dengan koefisien regresi sebesar 0,394 dengan thitung (5,453) > ttabel (1,966) maka Ho ditolak dan H1 diterima. Kedua, personal selling berpengaruh signifikan terhadap impulse buying pada konsumen hijab di pasar Johar Semarang dengan koefisien regresi sebesar 0,300 dengan thitung (4,064) > ttabel (1,966), maka Ho ditolak dan H2 diterima. Ketiga, display produk dan personal selling mampu menjelaskan impulse buying sebesar 17,3%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Impulse Buying; Konsumen; Jilbab
Subjects: 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
600 Technology (Applied sciences) > 640 Home economics and family living > 646 Sewing, clothing, personal living
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 27 Aug 2015 07:58
Last Modified: 01 Jul 2021 07:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4360

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics