Implementasi marketing mix pada produk tabungan utama di Bank Mega Syariah Cabang Semarang
Akmala, Denise Tria (2015) Implementasi marketing mix pada produk tabungan utama di Bank Mega Syariah Cabang Semarang. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
122503045.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini mengembangkan masalah implementasi marketing mix pada produk tabungan utama di Bank Mega Syariah cabang Semarang. Penelitian ini di latar belakangi oleh sedikitnya masyarakat kota Semarang dan sekitarnya mengenal Bank Mega Syariah dan produk-produk Bank Mega Syariah terutama produk tabungan utama. Letak kantor yang strategis ternyata masih kurang karena tidak ada cabang lagi selain yang ada dipusat kota tersebut. Rumusan masalah yang diangkat adalah bagaimana implementasi marketing mix pada produk tabungan utama di Bank Mega Syariah.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data obsevasi (pengamatan), wawancara dan dokumentasi yang menulusuri data histori yang terdapat di Bank Mega Syariah cabang Semarang.
Hasil penelitian ini adalah produk yang dihasilkan oleh Bank Mega Syariah salah satunya produk simpanan tabungan utama. Dalam melakukan marketing mix tabungan utama belum optimal sepenuhnya, masih ada kekurangan yang perlu ditambahkan. Produk utama Bank Mega Syariah sudah jelas yakni tabungan utama. Tabungan utama mempunyai dua jenis dengan masing-masing akad. Pertama, tabungan utama biasa dengan akad wadiah. Kedua, tabungan utama platinum dengan akad mudharabah dengan bersifat investasi. Promosi yang dilakukandengan Open Table atau membuka stand kali, dengan door to door, menyebarkan brosur di berbagai tempat ramai, dan menggunakan web resminya. Kurangnya kantor cabang kewilayah pedesaan di daerah semarang yang membuat masyarakat belum mengenal Bank Mega Syariah. Inovasi dalam mempromosikan produk tabungan utama seperti menyiarkan pada radio juga mempengaruhi dalam menarik minat nasabah untuk membuka tabungan di Bank Mega Syariah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Marketing Mix; Tabungan; Perbankan Syariah |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3) |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 27 Aug 2015 08:31 |
Last Modified: | 28 May 2021 07:38 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4371 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year