Pengaruh kualitas pelayanan frontliner terhadap kepuasan nasabah di BRI Syariah KCP Demak

Mustagfirin, Ali (2015) Pengaruh kualitas pelayanan frontliner terhadap kepuasan nasabah di BRI Syariah KCP Demak. Diploma thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 122503117.pdf]
Preview
Text
122503117.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Saat ini, persaingan antar perbankan syariah sangat kompetitif, baik di pasar nasional maupun di pasar global. Tingkat persaingan bank syariah juga bukan hanya bank syariah saja, melainkan juga bank konvensional. Oleh karena itu, salah satu strategi yang sangat penting dan harus dimiliki oleh bank syariah adalah unggul dalam pelayanan agar bank syariah dapat bertahan dengan bank-bank lain yang ada di Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan frontliner terhadap kepuasan nasaabah di BRI Syariah KCP Demak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan obyek penelitiannya adalah BRI Syariah KCP Demak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada 99 responden. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana yang terdiri dari uji t, uji F, dan uji R2 dengan bantuan program SPSS versi 16.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi variabel kualitas pelayanan frontliner sebesar 0,000 dan 0,000 lebih kecil dari 0,05. Dan nilai F hitung sebesar 663,094, diperoleh nilai F tabel sebesar 2,8, artinya nilai F tabel lebih kecil dari F hitung (2,8 < 663,094), maka Ho ditolak, dan Ha diterima. adapun pengaruh kualitas pelayanan frontliner terhadap kepuasan nasabah tinggi, terlihat dari nilai R square sebesar 0,872 (87,2%). Dengan ini dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan frontliner berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan besarnya pengaruh sebesar 87,2%.
Kata kunci : Kualitas Pelayanan Frontliner, Kepuasan Nasabah

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Saekhu, MH.
Uncontrolled Keywords: Kepuasan nasabah; Kualitas layanan; Bank syariah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 08 Sep 2015 08:55
Last Modified: 08 Sep 2015 08:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4441

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics