Strategi komunikasi pemasaran produk pembiayaan murabahah pada PT. BPRS Suriyah Cabang Semarang
Pratiwi, Willys Anggar (2015) Strategi komunikasi pemasaran produk pembiayaan murabahah pada PT. BPRS Suriyah Cabang Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
102411140.pdf - Accepted Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat merupakan pendorong berkembangnya disiplin dan konsep pemasaran. Perkembangan konsep tersebut sekaligus telah mengubah posisi komunikasi pemasaran sebagai jantungnya kegiatan pemasaran. Komunikasi pemasaran memiliki peran penting dalam tercapainya tujuan dalam melakukan pemasaran. Salah satu lembaga keuangan yang tetap eksis hingga sekarang di kota Semarang adalah PT. BPRS Suriyah Cabang Semarang.Tugas pokok BPRS Suriyah adalah menyalurkan pembiayaan kepada pihak yang membutuhkan dana sesuai dengan kebutuhan nasabah. Salah satunya adalah pembiayaan murabahah. Pembiayaan murabahah adalah bentuk jual beli dengan menggunakan prinsip syari’ah. Pembiayaan murabahah pada BPRS Suriyah merupakan produk pembiayaan yang paling diminati oleh masyarakat. Dengan jumlah asset dan nasabah yang semakin bertambah dari tahun ke tahun. Adanya peningkatan tersebut tentunya dalam melakukan proses pengenalan produk pembiayaan murabahah BPRS Suriyah Cabang Semarang kepada masyarakat terbilang efektif. Dari hal ini muncullah pertanyaan bagaimanakah strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh PT. BPRS Suriyah Cabang Semarang dalam memasarkan produk pembiayaan murabahah dan kendala-kendala apa saja yang dihadapi oleh PT. BPRS Suriyah Cabang Semarang dalam melakukan komunikasi pemasaran produk pembiayaan murabahah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh BPRS Suriyah dalam memasarkan produk pembiayaan murabahah dan menemukan kendala-kendala yang dihadapi oleh BPRS Suriyah dalam melakukan komunikasi pemasaran produk pembiayaan murabahahnya.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif.Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Pengumpulan data wawancara dilakukan melalui wawancara dengan Kepala Cabang PT. BPRS Suriyah dankaryawan bank. Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis pendekatan deskriptif.
Adapun hasil dari penelitian menunjukan bahwa Strategi komunikasi pemasaran produk pembiayaan murabahah pada PT. BPRS Suriyah Cabang Semarang menggunakan lima baurankomunikasipemasaranyaituperiklanan, penjualanperorangan, hubunganmasyarakat, promosipenjualan, danpemasaranlangsung. Dalam melakukan strategi komunikasi pemasaran produk pembiayaannya mengalami beberapa kendala, kendala yang berasal dari internal perusahaan maupun ekternal. Meski terdapat beberapa kendala, komunikasi pemasarannya berjalan dengan efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dr. Ali Murtadho, M. Ag.; H. Khoirul Anwar, M. Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi pemasaran; Murabahah; BPRS |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1) |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 21 Sep 2015 04:18 |
Last Modified: | 05 Jul 2021 02:54 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4485 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year