Studi terhadap keputusan pembelian mahasiswa UIN Walisongo Semarang dalam mengkonsumsi mie ayam di Ngaliyan

Khoniah, Siti (2015) Studi terhadap keputusan pembelian mahasiswa UIN Walisongo Semarang dalam mengkonsumsi mie ayam di Ngaliyan. Undergraduate (S1) thesis, universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 102411176.pdf]
Preview
Text
102411176.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu jajanan atau makanan yang sering dikonsumsi mahasiswa dan menjadi makanan favorit bagi mereka adalah mie ayam, banyak sekali penjual mie ayam yang menjajakan dagangannya di daerah Ngaliyan yang notabene dekat dengan kampus UIN Walisongo Semarang. Tetapi dalam membeli terkadang mereka tidak meneliti apakah mie ayam yang mereka konsumsi merupakan makanan yang halal dan layak dikonsumsi. Banyak sekali konsumen yang tidak berhati-hati dalam mengkonsumsi dan memperhatikan aspek kualitas makanan. Masalah yang kemudian timbul adalah bagaimana keputusan pembelian mahasiswa UIN Walisongo Semarang dalam mengkonsumsi mie ayam di Ngaliyan?.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan normatif, yaitu penelitian ekonomi normatif. Bila terdapat data-data empiris, maka hal itu dimaksudkan hanya untuk menguatkan argumentasi penelitian. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field reseach, atau penelitian lapangan, dimana terdapat data primer dan data sekunder. Teknik yang dilakukan dalam penelitian ini adalah : observasi, interview (wawancara), dokumentasi. Analisis data adalah proses mengorganisasikan dan mengurutkan data dalam pola, kategori, dan satuan uraian dasar, sehingga dapat ditemukan tema dan dapat disarankan oleh data. Analisis data yang dilakukan pada penelitian ini terdiri atas deskripsi dan analisis isi.
Hasil penelitian ini adalah bahwa mahasiswa UIN Walisongo Semarang dalam mengkonsumsi mie ayam di Ngaliyan hanya sedikit yang mencari informasi warung mie ayam, mereka hanya mengetahui dari teman-temannya atau melihat dari kondisi warungnya. Dalam membeli mereka mengutamakan rasa tanpa memperhatikan aspek halal atau kualitas mie ayam tersebut. Mereka menggunakan atau mengkonsumsi mie ayam, dalam seminggu sebanyak 2-3 kali. Dalam mengevaluasi mereka hanya mengevaluasi rasa mie ayam yang telah mereka konsumsi, apabila rasanya cocok mereka akan kembali untuk mengkonsumsinya, apabila tidak cocok mereka tidak akan kembali ke warung tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing : H. Muhammad Saifullah, M. Ag. ; H. Taufik Hidayat, Lc., MIS.
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa; Kuliner; Mie ayam; Makanan
Subjects: 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 22 Sep 2015 04:16
Last Modified: 26 Jun 2021 05:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4491

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics