Pengaruh gaya belajar auditorial terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas X di MA Silahul Ulum Asempapan Pati tahun pelajaran 2011/2012
Lathifah, Ulil (2012) Pengaruh gaya belajar auditorial terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas X di MA Silahul Ulum Asempapan Pati tahun pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
083811029_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (3MB) | Preview
083811029_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (57kB) | Preview
083811029_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (133kB) | Preview
083811029_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (74kB) | Preview
083811029_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (146kB) | Preview
083811029_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (19kB) | Preview
083811029_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (14kB) | Preview
Abstract
Pada dasarnya setiap peserta didik memiliki gaya belajar yang berbeda, dimana gaya belajar berguna dalam menyerap maupun mengolah informasi yang didapat peserta didik dalam proses pembelajaran. Sehingga dengan pengoptimalan gaya belajar diharapkan siswa nantinya selain dapat meningkatkan keaktifan dalam berpikir juga akan berdampak pada peningkatan hasil belajar. Hal ini yang melatarbelakangi untuk diadakan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana gaya belajar auditorial terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas X di MA Silahul Ulum Asempapan Pati tahun pelajaran 2011/2012? (2) Bagaimana pengaruh antara gaya belajar auditorial terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas X di MA Silahul Ulum Asempapan Pati tahun pelajaran 2011/2012?. Permasalahan tersebut dibahas melalui metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis regresi. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 43 siswa dari populasi sebanyak 165 siswa.
Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan : angket dan dokumentasi. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis regresi.
Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian diketahui bahwa variabel X menempati kategori sedang dengan rata-rata (X ̅) = 72 pada interval 69,32 – 74,69 dengan simpangan baku (Sx) = 5,38. Sedangkan variabel Y menempati kategori sedang dengan rata-rata (Y ̅) = 72,69 pada interval 69,88 – 75,51 dengan simpangan baku (Sy) = 5,64. Perhitungan selanjutnya diperoleh r = 0,451 dan KP = 20,34%. Setelah diketahui bahwa variabel X memberikan sumbangan sebesar 20,34% terhadap variabel Y, maka dilanjutkan dengan analisis regresi. Dari data yang ada, diperoleh Y ̂=38,648+0,473X dan diperoleh Fhitung = 10,469. Untuk mengetahui signifikansi dengan membandingkan Fhitung dengan Ftabel dengan ketentuan jika Fhitung Ftabel maka signifikan dan jika Fhitung Ftabel maka tidak signifikan. Pada taraf signifikan 5% dengan dk pembilang 1 dan dk penyebut 41 diperoleh Ftabel 4,08, sedangkan pada taraf signifikan 1% dengan dk pembilang 1 dan dk penyebut 41 diperoleh Ftabel 7,31. Jika dibandingkan keduanya, maka Fhitung = 10,469 7,31 4,08.
Dengan melihat hasil pengujian hipotesis variabel X dan variabel Y pada taraf signifikansi 1% dan 5%, keduanya menunjukkan arah yang signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa variabel gaya belajar auditorial positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas X di MA Silahul Ulum Asempapan Pati tahun pelajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gaya Belajar Auditorial; Mata Pelajaran Biologi; Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 04 Dec 2013 04:23 |
Last Modified: | 22 May 2021 06:33 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/451 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year