Manajemen kurikulum berbasis pesantren di MA Futuhiyyah 1 Mranggen Demak
Slamet, Mohammad Kenang (2015) Manajemen kurikulum berbasis pesantren di MA Futuhiyyah 1 Mranggen Demak. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
103311016.pdf - Accepted Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas manajemen kurikulum berbasis pesantren di madrsah. Kajiannya dilatar belakangi oleh keberadaan madrasah sampai sekarang ini masih dianggap sebagai lembaga pendidikan kelas dua. Hal itu dikarenakan banyaknya lulusan madrasah yang kemampuan agamanya minim serta kemampuan ilmu yang lain tidak memadai sehingga output madrasah dianggap serba tanggung. Berdasarkan hal tersebut kurikulum berbasis pesantren dianggap sebagai salah satu solusi dalam rangka mengembalikan jatidiri madrasah sebagai pusat pembelajaran ilmu agama.
Kajian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimanakah perencanaan kurikulum berbasis pesantren di MA Futuhiyyah 1 Mranggen Demak? (2) Bagaimanakah pelaksanaan kurikulum berbasis pesdantren di MA Futuhiyyah 1 Mranggen Demak? (3) Bagaimanakah pengawasan kurikulum berbasis pesantren di MA Futuhiyyah 1 Mranggen Demak? (4) Bagaimanakah evaluasi kurikulum berbsis pesantren di MA Futuhiyyah 1 Mranggen Demak? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yangh dilaksanakan di MA Futuhiyyah 1 Mranggen Demak. Madrasah tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan potret manajemen kurikulum berbasis pesantren di madrasah. Datanya diperoleh dengan cara wawancara bebas, observasi, dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan menggunakan siklus interaktif yang komponennya meliputi reduksi data (data reduction), sajian data (data display), dan penggambaran kesimpulan (conclution drawing).
Kajian ini menunjukkan bahwa kurikulum berbasis pesantren di MA Futuhiyyah 1 selain mengikuti keputusan pemerintah juga dikembangkan dengan pola pesantren. Sedangkan manajemen kurikulum berbasis pesantren di MA Futuhiyyah 1 antara lain: (1) Perencanaan kurikulum berbasis pesantren di MA Futuhiyyah 1 meliputi bebrapa kegiatan diantaranya: penentuan tujuan, menentukan proses pembelajaran, menentukan organisasi pengalaman belajar, dan menentukan evaluasi pembelajaran. (2) Pelaksanaan kurikulum berbasis pesantren di MA Futuhiyyah sangat didukung oleh kemampuan guru yang mengajar. Selain sebagian besar adalah alumni MA Futuhiyyah 1 juga merupakan ustadz atau bahkan Kyai di pesantren sehingga pembelajaran model pesantren begitu mudah dilaksanakan. Pelaksanaan kurikulum berbasis pesantren juga tampak pada sumber belajar, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, bahkan evaluasi pembelajaran. (3) Pengawasan kurikum berbasis pesantren di MA Futuhiyyah 1 sesuai dengan peraturan yang berlaku. Hal itu dapat dilihat dari teknik-teknik supervisi yang digunakan, antara lain: kunjungan dan observasi kelas, pembicaraan individual, diskusi kelompok atau pertemuan kelompok, demonstrasi mengajar, dan perpustakaan profesional. (4) Evaluasi kurikulum berbasis pesantren di MA Futuhiyyah 1 dilaksanakan dengan menggunakan model CIPP (context, input, process, dan product). Model evaluasi ini dipilih karena bersifat menyeluruh, seluruh komponen dari kurikulum dievaluasi. Mulai dari context atau tujuan dalam keterkaitannya dengan tuntutan masyarakat atau lapangan, Input atau masukan yaitu siswa sebagai subyek yang belajar, guru sebagai subyek yang mengajar, desain kurikulum sebagai rancangan pembelajaran, media, dan sarana prasarana sebagai alat bantu pengajaran. Process atau aktifitas siswa belajar dengan arahan, bantuan, dan dorongan dari guru. Product atau hasil, baik hasil yang bisa dilihat dari jangka pendek pada akhir pendidikan atau hasil jangka panjang setelah bekerja atau belajar pada jenjang yang lebih tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dr. Mahfud Junaedi, M. Ag.; Lift Anis Ma’shumah, M. Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen kurikulum; Kurikulum berbasis pesantren |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 31 Oct 2015 04:41 |
Last Modified: | 31 Oct 2015 04:41 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4546 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year