Pengaruh perhatian orang tua dan nilai pekerjaan rumah terhadap prestasi belajar Biologi materi gerak pada tumbuhan pada siswa kelas VIII semester genap MTs Ma’arif Blondo Kabupaten Magelang tahun pelajaran 2014/2015

Muryanto, Bagus (2015) Pengaruh perhatian orang tua dan nilai pekerjaan rumah terhadap prestasi belajar Biologi materi gerak pada tumbuhan pada siswa kelas VIII semester genap MTs Ma’arif Blondo Kabupaten Magelang tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 113811064.pdf]
Preview
Text
113811064.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian bersifat korelasional yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa, korelasi antara tugas PR dengan prestasi belajar siswa, dan antara perhatian orang tua dan Tugas PR dengan prestasi belajar siswa, dan sumbangan efektif antara perhatian orang tua dan tugas PR dengan prestasi belajar siswa kelas VIII MTs Ma’arif Blondo tahun Pelajaran 2014/2015.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Ma’arif Blondo tahun Pelajaran 2014/2015 sebanyak 40 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket tertutup untuk variabel perhatian orang tua dan pemberian soal pilihan ganda untuk variabel tugas PR dan prestasi belajar. Pengujian hipotesis pertama dan kedua digunakan analisis regresi ganda. Kriteria penolakan dan penerimaan uji hipotesis menggunakan taraf signifikan 5 %.
Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Perhatian orang tua adalah sikap dan perilaku yang ditunjukkan oleh orang tua terhadap anaknya untuk memperoleh perubahan yang positif bagi anak, karena Orang tua adalah orang yang paling mengetahui sifat dan karakter sang anak (2) Tugas PR dapat didefinisikan sebagai kegiatan di luar kelas yang merupakan pemberian tugas dari gurunya sebagai perluasan dari tugas di kelas. PR dapat diindividualisasikan atau diberikan kepada seluruh siswa di kelas. Alasan pemberian PR adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai materi-materi yang telah diajarkan oleh guru serta sebagai alat untuk mempercepat langkah perolehan pengetahuan dan ingatan siswa. (3) Prestasi Belajar merupakan perubahan perilaku yang diperoleh pembelajar setelah mengalami aktivitas belajar. Hasil belajar adalah pola-pola perbuatan, milai-nilai, pengertian-pengertian, sikap-sikap, apresiasi dan keterampilan.(4) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa, ada pengaruh yang positif antara tugas PR dengan prestasi belajar siswa, dan ada pengaruh yang positif antara perhatian orang tua dan tugas PR dengan prestasi belajar siswa kelas VIII MTs Ma’arif Blondo tahun Pelajaran 2014/2015.
Berdasarkan hasil penelitian, hipotesis yang diajukan dapat diterima. Dengan koefisien determinannya ( R2 ) = 1,28 Perhatian orang tua berada pada prosentase 70,50 % dan tugas PR pada prosentase 13,33 %. Adapun sumbangan efektif yang diberikan secara keseluruhan, oleh variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 83,83%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perhatian Orang Tua dan Tugas PR dapat meningkatkan Prestasi Belajar tentang Gerak pada Tumbuhan pada Kelas VIII MTs Ma’arif Blondo Magelang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Nur Hayati, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Biologi; Gerak pada tumbuhan; Perhatian orang tua; Prestasi belajar; Nilai pekerjaan rumah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
500 Natural sciences and mathematics > 501 Philosophy and theory
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 02 Nov 2015 06:36
Last Modified: 20 May 2021 07:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4556

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics