Hubungan antara persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan hasil belajar IPA terpadu siswa kelas VII MTs NU 03 Al Hidayah Kendal tahun ajaran 2011/2012

Inayah, Nurdian Dwi (2012) Hubungan antara persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan hasil belajar IPA terpadu siswa kelas VII MTs NU 03 Al Hidayah Kendal tahun ajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 083811038_Coverdll.pdf]
Preview
Text
083811038_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 083811038_Bab1.pdf]
Preview
Text
083811038_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 083811038_Bab2.pdf]
Preview
Text
083811038_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 083811038_Bab3.pdf]
Preview
Text
083811038_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 083811038_Bab4.pdf]
Preview
Text
083811038_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 083811038_Bab5.pdf]
Preview
Text
083811038_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (16kB) | Preview
[thumbnail of 083811038_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
083811038_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (20kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan hubungannya dengan hasil belajar IPA Terpadu. Kajiannya dilatarbelakangi oleh kurangnya minat belajar siswa terutama pada mata pelajaran IPA Terpadu yang berimbas pada hasil belajarnya. Hal ini tidak lepas dari keterampilan mengajar yang dimiliki oleh guru. Sementara itu penilaian terhadap keterampilan mengajar guru selama ini cenderung dilakukan oleh kepala sekolah dan pengawas, sedangkan siswa jarang ikut dilibatkan. Padahal siswa merupakan elemen yang berhubungan langsung dengan guru, jadi apapun yang dikerjakan oleh guru akan berdampak secara langsung oleh siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan: (1)Bagaimana persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru di MTs NU 03 Al Hidayah Kendal dalam mata pelajaran IPA Terpadu pada siswa kelas VII tahun ajaran 2011/2012? (2)Bagaimana hasil belajar IPA Terpadu siswa kelas VII di MTs NU 03 Al Hidayah Kendal tahun ajaran 2011/2012 terkait dengan keterampilan mengajar guru di kelas?dan (3)Bagaimana hubungan antara persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan hasil belajar IPA Terpadu siswa kelas VII di MTs NU 03 Al Hidayah Kendal tahun ajaran 2011/2012? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian kuantitatif dengan menggunakan tehnik analisis data deskriptif dan dilanjutkan dengan analisis inferensial. Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Data diperoleh melalui kuesioner dan dokumentasi yang berfungsi untuk melengkapi hasil penelitian. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan analisis korelasi product moment untuk pengujian hipotesis yang telah diajukan.
Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian diketahui bahwa variabel X menempati kategori sedang dengan rata-rata pada interval 73 – 77 dengan simpangan baku . Sedangkan variabel Y menempati kategori sedang dengan rata-rata pada interval 63 – 70 dengan simpangan baku . Penghitungan selanjutnya diperoleh dan . Setelah diketahui bahwa variabel X memberikan sumbangan sebesar 39,31% terhadap variabel Y, maka dilanjutkan dengan uji signifikansi antara variabel X dan variabel Y melalui penghitungan uji t. Setelah dilakukan penghitungan terhadap uji t, diperoleh thitung = 7,635. Kemudian, nilai thitung tersebut di konsultasikan terhadap nilai ttabel 5% = 1,658 dan nilai ttabel 1% = 2,358. Berdasarkan hal tersebut, dapat dijelaskan bahwa thitung ttabel baik pada taraf signifikansi 1% maupun 5% yang besarnya 7,635 > 2,358 > 1,658.
Dengan melihat hasil pengujian hipotesis variabel X dan variabel Y pada taraf signifikansi 1% dan 5%, keduanya menunjukkan arah yang signifikan, hal ini menunjukkan bahwa variabel persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru IPA Terpadu positif dan signifikan terhadap hasil belajar IPA Terpadu siswa kelas VII MTs NU 03 Al-Hidayah Kendal tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Mengajar Guru; Mata Pelajaran IPA; Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 04 Dec 2013 04:30
Last Modified: 22 May 2021 04:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/456

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics