Analisis standar proses pembelajaran biologi materi pokok bioteknologi kelas XII BCS (Bilingual Class System) sains MAN 2 Kudus
Setiyowati, Retno (2015) Analisis standar proses pembelajaran biologi materi pokok bioteknologi kelas XII BCS (Bilingual Class System) sains MAN 2 Kudus. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
083811022.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas bagaimana proses pembelajaran biologi materi pokok bioteknologi kelas BCS (Bilingual Class System) Sains MAN 2 Kudus dan apakah proses pembelajaran biologi materi pokok bioteknologi kelas BCS (Bilingual Class System) Sains MAN 2 Kudus sudah sesuai dengan SNP (Standar Nasional Pendidikan), karena pelaksanaan proses pembelajaran sangatlah penting untuk mendukung kualitas pendidikan.
Penelitian ini dilakukan melalui studi langsung/studi lapangan yang dilaksanakan di kelas BCS (Bilingual Class System) MAN 2 Kudus dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, mempelajari, dan menganalisis. Data yang terkumpul semuanya dianalisis dengan analisis deskriptis yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktik pembelajaran biologi materi pokok bioteknologi kelas BCS (Bilingual Class System) Sains MAN 2 Kudus sebagaimana sesuai yang ada dalam Permendikbud No.103 Tahun 2014. Guru melakukan persiapan terlebih dahulu. Pada saat proses pembelajaran berlangsung, guru melakukan kegiatan awal berupa apersepsi yang merupakan penghubung materi pembelajaran dengan kompetensi yang telah dikuasai oleh peserta didik. Kemudian guru melakukan kegiatan inti yang terdiri atas tiga proses yaitu eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Setelah proses konfirmasi berakhir, guru melakukan kegiatan akhir yang berupa penutup, guru juga melakukan evaluasi pembelajaran yang terdiri dari penilaian, remedial dan pengayaan. Praktik pembelajaran biologi materi pokok bioteknologi kelas BCS (Bilingual Class System) Sains MAN 2 Kudus,sebagaimana hasil kebijakan yang ada dalam Permendikbud No.103 Tahun 2014 telah berjalan dari tahun 2014 sampai tahun 2015 ini pelaksanaannya sudah cukup maksimal, perkembangannya dapat dilihat dari mulai perencanaan, yaitu pembuatan perangkat pembelajaran yang terdiri dari program tahunan, program semester, silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Pelaksanaan proses pembelajaran menggunakan metode ceramah, tanya jawab, diskusi presentasi dengan dukungan sarana prasaranan untuk menunjang proses pendidikan dan pembelajaran. Pengawasan proses pembelajaran dilakukan oleh kepala madrasah baik secara langsung maupun melalui rekaman CCTV yang dipasang di setiap ruang pembelajaran.
Hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, guru, tenaga pengajar, dan para peneliti, khususnya MAN 2 Kudus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Listyono, M. Pd.; Dr. Ikhrom, M. Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Proses pembelajaran; Biologi; Bilingual Class System; Bioteknologi |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 88203 - Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 02 Nov 2015 06:38 |
Last Modified: | 02 Nov 2015 06:38 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4563 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year