Pengaruh persepsi siswa tentang kinerja guru IPA terpadu terhadap hasil belajar siswa kelas IX MTs NU 20 Kangkung Kabupaten Kendal tahun pelajaran 2011/2012
Rifqoh, Siti (2012) Pengaruh persepsi siswa tentang kinerja guru IPA terpadu terhadap hasil belajar siswa kelas IX MTs NU 20 Kangkung Kabupaten Kendal tahun pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
083811039_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
083811039_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (35kB) | Preview
083811039_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (179kB) | Preview
083811039_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (84kB) | Preview
083811039_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (156kB) | Preview
083811039_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (32kB) | Preview
083811039_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (14kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana persepsi siswa kelas IX tentang kinerja guru dalam melaksanakan proses pembelajaran mata pelajaran IPA Terpadu dalam mengajar di MTs NU 20 Kangkung Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2011/2012? (2) Bagaimana hasil belajar siswa kelas IX MTs NU 20 Kangkung Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2011/2012 pada mata pelajaran IPA Terpadu? (3) Ada tidaknya pengaruh persepsi siswa tentang kinerja guru IPA Terpadu terhadap hasil belajar siswa kelas IX MTs NU 20 Kangkung Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2011/2012?
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan teknik Stratified Random Sampling dengan menyebarkan angket yang berjumlah 25 soal kepada 30 siswa yang diambil secara acak dari 3 kelas, yaitu dari kelas IX A, IX B, dan IX C.
Adapun teknik yang dipakai dalam pengumpulan data adalah menggunakan: observasi, angket, dan dokumentasi. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi product moment dan analisis regresi satu prediktor.
Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian diketahui bahwa, variabel X (persepsi siswa tentang kinerja guru IPA Terpadu) menempati kategori cukup, dengan nilai mean 2,5 dan variabel Y (hasil belajar siswa kelas IX) menempati kategori kurang, dengan nilai mean 2,4.
Hasil penelitian menunujukan taraf signifikansi 5% dk pembilang 1 dan dk penyebut = N – 2 = 28 diperoleh F tabel sebesar 4,20 sedang F hitung sebesar 9,702. Jika dibandingkan keduanya F hitung = 9,702 > Ftabel ( 0,05 ; 1,28) = 4,20 dengan demikian bahwa variabel persepsi siswa tentang kinerja guru IPA Terpadu mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IX MTs NU 20 Kangkung Kabupaten Kendal.
Kemudian pada taraf signifikansi 1% dk pembilang 1 dan dk penyebut = N–2 = 28 diperoleh F tabel sebesar 7,64 sedang F hitung sebesar 9,702. Jika dibandingkan keduanya F hitung = 9,702 > F tabel ( 0,01 ; 1,28) = 7,64 dengan demikian bahwa variabel persepsi siswa tentang kinerja guru IPA Terpadu mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IX MTs NU 20 Kangkung Kabupaten Kendal.
Dengan melihat hasil pengujian hipotesis variabel persepsi siswa tentang kinerja guru IPA Terpadu dan variabel hasil belajar siswa kelas IX MTs NU 20 Kangkung Kabupaten Kendal. Pada taraf signifikansi 0, 01 dan 0, 05 keduanya menunjukan hasil yang signifikan, hal tersebut berarti variabel persepsi siswa tentang kinerja guru IPA Terpadu berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel hasil belajar siswa kelas IX MTs NU 20 Kangkung Kabupaten Kendal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kinerja Guru; Mata Pelajaran IPA; Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 04 Dec 2013 04:31 |
Last Modified: | 22 May 2021 06:48 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/458 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year