Efektivitas penggunaan model pembelajaran word square terhadap hasil belajar materi pokok mengenal hijrah Nabi Muhammad SAW ke Madinah pada siswa kelas V MI Futuhiyyah Mranggen Demak tahun ajaran 2014/2015

Apriyanto, Agus (2015) Efektivitas penggunaan model pembelajaran word square terhadap hasil belajar materi pokok mengenal hijrah Nabi Muhammad SAW ke Madinah pada siswa kelas V MI Futuhiyyah Mranggen Demak tahun ajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 103911063.pdf]
Preview
Text
103911063.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Word Square lebih baik daripada model pembelajaran konvensional. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di MI Futuhiyyah Mranggen Demak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V,yang terdiri dari VA dan VB. Sampelnya adalah kelas VA yang terdiri dari 28 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB yang terdiri dari 29 peserta didik sebagai kelas kontrol.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan metode dokumentasi. Sebelum diberi perlakuan kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas dan homogenitas dengan menggunakan nilai tes sebelumnya. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan model Word Square dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran ceramah. Setelah data didapat terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, homogenitas, dan uji signifikansi.
Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t-tes. Berdasarkan perhitungan t-tes dengan taraf signifikasi = 5% diperoleh thitung= 2,431 sedangkan ttabel = 1,69. Karena thitung > ttabel maka berarti rata-rata hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam peserta didik yang diajar dengan pembelajaran dengan menggunakan model Word Square lebih baik daripada peserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 74,214 dan kelompok kontrol = 68,414, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Word Square terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam materi pokok mengenal hijrah Nabi Muhammad SAW ke Madinah pada siswa kelas V MI Futuhiyyah Mranggen Demak
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi informasi dan masukan bagi kegiatan belajar mengajar di sekolah terutama dalam menerapkan strategi, metode, dan model pembelajaran yang baik dan tepat, yang dapat menumbuhkan aktivitas belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Ruswan, MA.; Drs H. Abdul Wahid, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Hasil belajar; Hijrah Nabi Muhammad; Sejarah Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.6 Islamic history > 297.63 Muhammad the Prophet
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 04 Nov 2015 09:38
Last Modified: 04 Nov 2015 09:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4591

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics