Peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPS materi jenis-jenis pekerjaan dengan metode concept mapping siswa kelas III di MI Miftakhul Akhlaqiyah Semarang tahun ajaran 2014/2015

Adibah, Umadlir (2015) Peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPS materi jenis-jenis pekerjaan dengan metode concept mapping siswa kelas III di MI Miftakhul Akhlaqiyah Semarang tahun ajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 113911076.pdf]
Preview
Text
113911076.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPS materi jenis-jenis pekerjaan dengan metode concept mapping siswa kelas III di MI Miftakhul Akhlaqiyah Semarang tahun ajaran 2014/2015. Kajian penelitian ini dilatarbelakangi karena hasil ulangan peserta didik yang masih rendah atau dibawah rata-rata kelas III MI Miftakhul akhlaqiyah Semarang khususnya pada mata pelajaran IPS materi jenis-jenis pekerjaan. Hal ini disebabkan kurangnya keaktifan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran, peserta didik hanya duduk, mendengarkan, mencatat dan mengerjakan latihan soal yang diberikan oleh guru, akibatnya hasil belajar pun kurang maksimal. Melihat kondisi seperti itu perlu diupayakan penerapan metode tertentu untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Metode yang diterapkan adalah metode concept mapping.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain posttest-only control design. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah: bagaimana meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS materi Jenis-jenis pekerjaan dengan metode concept mapping siswa kelas III di MI Miftakhul Akhlaqiyah Semarang tahun ajaran 2014/2015?. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III yang terdiri dari dua kelas yakni kelas IIIB sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa dan kelas IIIA sebagai kelas kontrol berjumlah 31 siswa, jumlah keseluruhan populasi adalah 61 siswa. Peserta didik yang dijadikan kelas uji coba soal adalah kelas IV dengan jumlah 28 siswa.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, metode tes, dan metode dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis uji t test. Dari pengujian hipotesis hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata kelas eksperimen 1 = 82,33 dan rata-rata kelas kontrol 2 = 76,29 dengan n1 = 30 dan n2 = 31. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 2,153 dengan α = 5% dan dk = 59 diperoleh ttabel = 2,00, karena thitung > t tabel, maka ditarik kesimpulan bahwa Ha diterima. Artinya terjadi peningkatan hasil belajar yang signifikan pada mata pelajaran IPS materi jenis-jenis pekerjaan sesudah diterapkan metode concept mapping pada siswa kelas III di MI Miftakhul Akhlaqiyah Semarang tahun ajaran 2014/2015.
Saran yang dapat penulis sampaikan adalah guru harus kreatif dan inovatif dalam mengembangkan metode-metode pembelajaran yang mampu menjadikan siswa semangat dan aktif dalam mengikuti pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Concept mapping; Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 03 Dec 2015 08:48
Last Modified: 30 Jul 2021 02:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4601

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics