Manajemen kurikulum pendidikan sekolah Islam salaf Pesantren Girikesumo Banyumeneng Mranggen Demak
Harisun, Harisun (2015) Manajemen kurikulum pendidikan sekolah Islam salaf Pesantren Girikesumo Banyumeneng Mranggen Demak. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
113911125.pdf - Accepted Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang manajemen kurikulum pendidikan pesantren salaf. Kajiannya dilatarbelakangi oleh banyaknya kurikulum pendidikan dewasa ini yang berbasiskan pada kebutuhan pasar (global). Sedangkan pesantren salaf Girikesumo masih mempertahankan pendidikan berbasis agama Islam dengan tetap mempertahankan model salafinya. Meskipun demikian santri lullusan salaf Girikesumo mampu menghadapi tantangan zaman di era modernisasi ini.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang : (1) Bagaimanakah proses pembentukan kurikulum pendidikan sekolah Islam salaf pesantren Girikesumo Banyumeneng Mranggen Demak ? (2) Bagaimanakah implementasi dan evaluasi kurikulum pendidikan sekolah Islam salaf pesantren Girikesumo ?
Penelitian ini menggunakan metode fiel research dengan tehnik analisis deskriptif kualitatif. Setelah dianalisis dapat diketahui bahwa ada tiga tahap dalam proses pembentukan kurikulum pendidikan sekolah Islam salaf pesantren Girikesumo : a) merencanakan program pendidikan dan kurikulum dalam bentuk diskusi, seminar dan lokakarya, b) menetapkan kurikulum pendidikan sekolah Islam salaf pesantren Girikesumo menjadi dua kelompok yaitu pendidikan kesantrian dan pendidikan sekolah non formal.
Kemudian dalam implementasi kurikulum pendidikan sekolah Islam salaf pesantren Girikesumo menggunakan model kurikulum berbasis kompetensi mandiri (KBK mandiri). Dengan mata pelajaran yang disampaikan meliputi : a) materi inti, b) materi alat, dan c) materi pelengkap. Sedangkan evaluasi pembelajarannya dilakukan satu tahun dua kali semester, dan tiga tahun sekali dalam ujian imtihan.
Selanjutnya hal-hal yang dievaluasi dalam evaluasi kurikulum pendidikan sekolah Islam salaf pesantren Girikesumo adalah : a) tingkat kehadiran para santri, para ustadz dan tenaga kependidikan, b) pelaksanaan kurikulum pendidikan dalam program pembelajaran, c) hasil belajar para santri.
Penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para santri, tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen kurikulum; Sekolah Islam salaf; Pondok Pesantren |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 03 Dec 2015 08:56 |
Last Modified: | 27 Nov 2021 05:43 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4606 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year