Peningkatan prestasi belajar IPS materi lingkungan alam dan buatan melalui media CD pembelajaran interaktif siswa kelas III MI Miftahuth Tholibin Waru Kabupaten Demak tahun pelajaran 2014/2015
Suharno, Suharno (2015) Peningkatan prestasi belajar IPS materi lingkungan alam dan buatan melalui media CD pembelajaran interaktif siswa kelas III MI Miftahuth Tholibin Waru Kabupaten Demak tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
113911165.pdf - Accepted Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Dalam penelitian ini penulis memiliki rumusan masalah; 1) Apakah penggunaan Media CD pembelajaran Interaktif dapat meningkatkan respon belajar siswa pada pelajaran IPS materi Lingkungan Alam Dan Buatan pada siswa kelas III MI Miftahuth Tholibin Waru Kecamatam Mranggen Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2014/2015. 2) Apakah penggunaan media CD pembelajaran CD Pembelajaran Interaktif dapat meningkatkan Prestasi belajar Dan Buatan pada siswa kelas III MI Miftahuth Tholibin Waru Kecamatam Mranggen Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mengetahui penggunaan Media CD Pembelajaran Interaktif dapat meningkatkan respon siswa pada Pelajaran IPS materi lingkungan alam dan buatan pada siswa kelas III MI Miftahuth Tholibin Waru Mranggen Demak Tahun Pelajaran 2014/2015. 2) Untuk mengetahui penggunaan Media CD Pembelajaran Interaktif dapat meningkatkan prestasi belajar siwa pada Pelajaran IPS materi lingkungan alam dan buatan pada siswa kelas III MI Miftahuth Tholibin Waru Mranggen Demak Tahun Pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di MI Miftahuth Tholibin Waru Mranggen Demak, yang diawali dari Pra Siklus, Siklus I, dan Siklus II. Pelaksanaan Pembelajaran pada siklus I dan siklus II melalui beberapa tahanan; Perencanaan, Pelaksanaan , Observasi dan refleksi.
Tahapan pembelajaran tersebut digunakan peneliti untuk memperoleh data tentang hasil prestasi belajara dan penerapan media Pembelajaran CD Interaktif. Hasil penelitian membuktikan dengan menggunakan Media Cd Pembelajaran Interaktif dapat meningkatkan hasil prestasi belajar siswa pada pelajaran IPS Materi Lingkungan Alam Dan Buatan pada siswa kelas III MI Miftahuth Tholibin Waru Kecamatam Mranggen Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2014/2015.
Bahwa prestasi hasil belajar per siklus, dengan nilai ulangan harian materi lingkungan alam dan buatan pada tahun lalu yang tuntas hanya 12 siswa dari 22 siswa dengan rata-rata kelas 61,55 atau ketuntasan 54,55 %, mengalami kenaikan pada siklus I siswa yang tuntas ada 16 siswa dari 22 siswa dengan rata-rata 74,20 atau ketuntasan 72,73%, dan pada siklus II ada 21 siswa dengan rata-rata 87,20 atau 95,45%.
Kesimpulan penelitian ini adalah salah satu solusi yang efektif dalam pembelajaran IPS materi materi lingkungan alam dan buatan, karena terbukti mampu meningkatkan prestasi belajar siswa dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran; Prestasi belajar; Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS); Pembelajaran interaktif |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 24 Nov 2015 04:37 |
Last Modified: | 14 Dec 2021 10:57 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4613 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year