Peningkatan prestasi belajar siswa mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial melalui media gambar pada materi kedudukan dan peran anggota keluarga kelas II MI Nahdlatusy Syubban Sayung Kabupaten Demak tahun pelajaran 2014/2015
Mujib, Ahmad (2015) Peningkatan prestasi belajar siswa mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial melalui media gambar pada materi kedudukan dan peran anggota keluarga kelas II MI Nahdlatusy Syubban Sayung Kabupaten Demak tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
113911166.pdf - Accepted Version
Download (5MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas peningkatan prestasi belajar siswa melalui media gambar pada materi kedudukan dan peran anggota keluarga kelas II MI Nahdlatusy Syubban Purwosari Sayung Demak tahun pelajaran 2014/2015.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II. Penerapan Media gambar terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi kedudukan dan peran anggota keluarga kelas II di MI Nahdlatusy Syubban Purwosari Sayung Demak Tahun pelajaran 2014/2015. Hal itu dibuktikan dari hasil nilai Prestasi Belajar Siswa Kelas II MI Nahdlatusy Syubban Purwosari Sayung Kabupaten Demak pada materi kedudukan dan peran anggota keluarga sebelum menerapkan Media gambar sangat minim. Hal itu dibuktikan dari hasil nilai sebelum Media gambar diterapkan pra siklus siswa yang mencapai tuntas 2 orang atau 9,1 % dan yang belum tuntas 20 siswa atau 90,9 %, kemudian pada siklus I siswa yang mencapai tuntas ada 5 siswa atau 22,7 % dan yang belum tuntas ada 17 siswa atau 77,3 %.
Hasil Prestasi Belajar Siswa Kelas II MI Nahdlatusy Syubban Purwosari Sayung Kabupaten Demak pada materi kedudukan dan peran anggota keluarga sesudah menerapkan media gambar meningkat dengan signifikan. Hal ini dibuktikan dari hasil nilai setelah media gambar diterapkan pada siklus II siswa yang mencapai tuntas 20 orang atau 90,9 % dan yang belum tuntas 2 siswa atau 9,1 %.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dengan penggunaan media gambar terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi kedudukan dan peran anggota keluarga kelas II di MI Nahdlatusy Syubban Purwosari Sayung Demak Tahun pelajaran 2014/2015.
Dengan demikian hipotesa sementara dari peneliti bahwa melalui media gambar pada materi kedudukan dan peran anggota keluarga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas II MI Nahdlatusy Syubban Purwosari Kecamatan Sayung Kabupaten Demak Tahun 2014/2015, terbukti/diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi belajar; Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS); Media pembelajaran |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 24 Nov 2015 04:39 |
Last Modified: | 11 Dec 2021 03:17 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4614 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year