Upaya meningkatkan hasil belajar matematika pada materi perkalian dasar dengan metode jarimatika dan metode drill di kelas III MI Gisikdrono Semarang

Wijayanti, Etik Sekar (2015) Upaya meningkatkan hasil belajar matematika pada materi perkalian dasar dengan metode jarimatika dan metode drill di kelas III MI Gisikdrono Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 113911189.pdf]
Preview
Text
113911189.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode jarimatika dan metode drill pada materi perkalian dasar dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas III MI Gisikdrono Semarang.

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas III MI Gisikdrono Semarang yang berjumlah 17 orang. Obyek dari penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajarn berhitung dengan menggunakan jarimatika. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan dalam 2 siklus. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan metode tes (yaitu pre-test dan post – test pada setiapsiklus), observasi, wawancara tidak terstruktur,dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar peserta didik setelah diterapkannya metode jarimatika dan metode drill pada materi perkalian dasar. Peningkatan keaktifan dapat dilihat pada tabel observasi yaitu pra tindakan sebesar 38%, pada siklus I meningkat menjadi 69% dan siklus II meningkat menjadi 81%. Sedangkan peningkatan hasil belajar peserta didik pra tindakan sebesar 41,2%, pada siklus I 76,4%, dan siklus II meningkat menjadi 100%.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan secara keseluruhan bahwa metode jarimatika dan drill dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada materi perkalian dasar peserta didik kelas III MI Gisikdrono Semarang .

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode jarimatika; metode drill; Metode pembelajaran; Hasil belajar; Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 24 Nov 2015 04:40
Last Modified: 15 Dec 2021 10:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4615

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics