Peningkatan motivasi belajar siswa kelas III pada mapel IPS melalui penerapan model pembelajaran scientific inquiry di MI Muhammadiyah Ngasem Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2014/2015

Rahayu, Karyati Sri (2015) Peningkatan motivasi belajar siswa kelas III pada mapel IPS melalui penerapan model pembelajaran scientific inquiry di MI Muhammadiyah Ngasem Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 113911206.pdf]
Preview
Text
113911206.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah perlunya dilakukan inovasi model pembelajaran dalam rangka peningkatan kualitas mengajar guru. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar Kelas III pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui penerapan model pembelajaran Scientific Inquiry di MI Muhammadiyah Ngasem Tahun pelajaran 2014/2015.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan dilaksanakan sebanyak 2 (dua) siklus dengan subyek penelitian 22 siswa yang terdiri atas 12 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan, serta berkolaborasi dengan 2 orang guru kelas (kelas III dan kelas VI) MI Muhammadiyah Ngasem. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, tes/penilaian, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang dilakukan secara statistik deskriptif dengan pemaparan data, analisis dan interpretasi data, dan indikator pencapaian.
Hasil penelitian menunjukkkan telah terjadi peningkatan motivasi belajar siswa yang dapat dilihat dari hasil angket pada pra siklus dan pada akhir setiap siklus adalah dari nilai rata-rata 24 (rendah) pada pra siklus dari interval nilai (35-43) yang diharapkan, kemudian pada siklus I mengalami peningkatan nilai rata-rata menjadi 36 (tinggi) dan pada siklus 2 peningkatan bertambah lagi pada nilai rata-rata 41(tinggi); artinya terjadi perbaikan motivasi belajar secara beraturan dan berhasil.
Penelitian tindakan kelas ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Scientific Inquiry dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial tentang kerjasama di lingkungan dapat memperbaiki serta meningkatkan motivasi belajar pada siswa Kelas III MI Muhammadiyah Ngasem Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Motivasi belajar; Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 24 Nov 2015 04:51
Last Modified: 13 Dec 2021 10:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4619

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics