Efektivitas Pemanfaatan Laboratorium Alam dalam Pembelajaran IPA pada Materi Pokok Sifat-sifat Cahaya pada Peserta Didik Kelas V Madrasah Ibtidaiyah I’anatusshibyan Mangkang Tahun Ajaran 2011-2012
Prastyo, Arief Dwi (2012) Efektivitas Pemanfaatan Laboratorium Alam dalam Pembelajaran IPA pada Materi Pokok Sifat-sifat Cahaya pada Peserta Didik Kelas V Madrasah Ibtidaiyah I’anatusshibyan Mangkang Tahun Ajaran 2011-2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
083911020_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
083911020_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (886kB) | Preview
083911020_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
083911020_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (89kB) | Preview
083911020_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (99kB) | Preview
083911020_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (22kB) | Preview
083911020_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (14kB) | Preview
Abstract
Laboratorium alam diartikansuatu tempat mengajar yang menghadapkan peserta didik dengan benda-benda dan peristiwa-peristiwa yang sebenarnya. Dengan demikian peserta didik dapat belajar secara nyata, tidak merasa bosan, mudah dimengerti dan diingat, serta pengkajian yang efektif dan lebih cepat, karena pemanfaatan labratorium alam mempunyai unsur-unsur yang membuatnya lebih baik dari pada metode ceramah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan laboratorium alam terhadap hasil belajar peserta didik kelas V Madrasah Ibtidaiyah I’anatusshibyan Mangkang pada materi Sifat-Sifat Cahaya.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen bentuk pretest-posttest control design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V Madrasah IbtidaiyahI’anatusshibyan Mangkang. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik claster random sampling yaitu kelas V A sebagai kelas eksperimen dan V B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan metode tes.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 82,43 dan kelas kontrol 74,10 sehingga rata-rata nilai kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas keontrol. Pada ujit-test, diperoleh = 2,947dan = 1,68dengan taraf nyata 5% karena > maka rata-rata hasil belajar IPA peserta didik pada kelas yang diberi pembelajaran dengan pemanfaatan laboratorium alam lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dengan demikian hipotesis kerja (Ha) yang berbunyi: “Pemanfaatan laboratorium alam efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA materi pokok Sifat-Sifat Cahaya kelas V Madrasah Ibtidaiyah I’anatusshibyan Mangkang” diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Laboratorium Alam; Sifat-Sifat Cahaya; Pembelajaran IPA |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 04 Dec 2013 04:35 |
Last Modified: | 04 Dec 2013 04:35 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/462 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year