Upaya meningkatkan prestasi belajar IPS melalui model pembelajaran information search pokok bahasan flora dan fauna di Indonesia pada siswa kelas V semester 1 MI IPS Matholibul Ulum Mindahan Batealit Jepara tahun pelajaran 2014/2015
Khasanah, Lu’lu’ul (2015) Upaya meningkatkan prestasi belajar IPS melalui model pembelajaran information search pokok bahasan flora dan fauna di Indonesia pada siswa kelas V semester 1 MI IPS Matholibul Ulum Mindahan Batealit Jepara tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
113911207.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah apakah penggunaan model pembelajaran Information Search dapat meningkatkan prestasi belajar IPS pokok bahasan persebaran flora dan fauna di Indonesia pada siswa kelas V Semester 1 MI Matholibul Ulum Mindahan Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Information Search beserta peningkatan prestasi belajar IPS pokok bahasan penyebaran flora dan fauna di Indonesia pada siswa Kelas V Semester 1 MI Matholibul Ulum Mindahan Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk siswa kelas V MI Matholibul Ulum Mindahan Batealit Jepara melalui dua siklus. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunkan observasi, tes, dan dokumentasi. Data-data yang didapatkan dianalisis menggunakan statistik deskriptif.
Penggunaan model pembelajaran Information Search dalam pembelajaran IPS pokok bahasan penyebaran flora dan fauna di Indonesia pada siswa kelas V semester 1 Matholibul Ulum Mindahan Batealit Jepara tahun pelajaran 2014/2015, mempermudah guru mencapai tujuan yang diharapkan. Selain itu dapat memaksimalkan atau menuntaskan prestasi belajar siswa. Hal tersebut terlihat dari prosentase ketuntasan belajar pada tahap pra siklus sebesar 32,14% meningkat menjadi 50% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 85,71%. Berarti target yang telah ditetapkan melalui standar ketuntasan prestasi belajar siswa sebesar ≥ 80% telah dapat dicapai.
Selain itu penggunaan model pembelajaran Information Search dapat meningkatkan prestasi belajar IPS pada pokok bahasan penyebaran flora dan fauna di Indonesia pada siswa kelas V semester 1 Matholibul Ulum Mindahan Batealit Jepara tahun pelajaran 2014/2015. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata prestasi belajar siswa mengalami peningkatan signifikan. Pada tahap pra siklus sebesar 61,07 meningkat menjadi 66,79 pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 81,43. Berarti target yang telah ditetapkan yaitu nilai rata-rata yang diperoleh siswa ≥ 65 telah dapat dicapai.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk pengetahuan guru, siswa, orang tua siswa, madrasah dan peneliti yang lain bahwa penggunaan model pembelajaran Information Search dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran; Prestasi belajar; Flora dan Fauna; IPS |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 27 Nov 2015 00:06 |
Last Modified: | 09 Dec 2021 10:01 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4620 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year