Peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada pokok bahasan perjuangan dakwah Nabi Muhammad SAW. periode Mekah mata pelajaran SKI kelas VII Mts Yasinta Salatiga tahun pelajaran 2014/2015
Juwariyah, Siti (2015) Peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada pokok bahasan perjuangan dakwah Nabi Muhammad SAW. periode Mekah mata pelajaran SKI kelas VII Mts Yasinta Salatiga tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
113911210.pdf - Accepted Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) siswa kelas VII di MTs Yasinta Salatiga, dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) khususnya pada pokok bahasan perjuangan dakwah Nabi Muhammad SAW. periode Mekah dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division), dengan metode deskriptif analisis terhadap data yang penulis peroleh dari penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh informasi yang berkaitan dengan masalah yang diteliti, penulis merumuskan pertanyaan penelitian yang terperinci dan bersifat operasional.
Pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) merupakan pembelajaran yang mengutamakan kerja yang mana siswa bekerja sama dalam kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 4-6 siswa yang heterogen dan saling membantu dalam mencapai tujuan pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Yasinta Salatiga tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 20 siswa, terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Data yang diperoleh berupa hasil tes akhir siklus, lembar observasi kegiatan pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk aktifitas siswa dan guru.
Dari hasil analisis didapatkan bahwa rata-rata hasil belajar SKI dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada pokok bahasan perjuangan dakwah Nabi Muhammad SAW. periode Mekah meningkat yaitu pada pra siklus 62,4, meningkat pada siklus I yaitu 71,5, dan siklus II 72,5. Sedangkan untuk persentae hasil belajar pada pembelajaran pra siklus 45%, siklus I 70%, pada siklus II 85%.
Pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dapat berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) khususnya pada pokok bahasan perjuangan dakwah Nabi Muhammad SAW. periode Mekah, serta metode ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran SKI. Selain itu metode pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif digunakan pada bidang studi SKI di MTs Yasinta Salatiga. Keefetifan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD ini disebabkan memberi kemudahan pada siswa dalam memahami pelajaran sehingga hasil belajar akan meningkat
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; Pembelajaran kooperatif; Dakwah Nabi Muhammad SAW; SKI |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 27 Nov 2015 00:07 |
Last Modified: | 27 Nov 2021 07:55 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4621 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year