Peningkatan hasil belajar PKN siswa pada materi mengenal rumah adat di Indonesia dengan penggunaan gallery walk di kelas III MI Gisikdrono Semarang semester gasal tahun pelajaran 2014/2015
Farida, Siti Umi (2015) Peningkatan hasil belajar PKN siswa pada materi mengenal rumah adat di Indonesia dengan penggunaan gallery walk di kelas III MI Gisikdrono Semarang semester gasal tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
113911217.pdf - Accepted Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)merupakan pelajaran
yang memegang peranan penting karena berhubungan dengan sikap atau mental anak dimasa datang. Hasil observasi awal ditemukan bahwa siswa kesulitan memahami materi mengenal Rumah Adat di Indonesia karena cenderung mengarah kehafalan. Agar tujuan pembelajaran PKn tercapai yaitu menanamkan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia, maka hal-hal yang menghambat tercapainya tujuan pembelajaran harus diminimalisir dengan penggunaan model pembelajaran yang tepat.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 (dua) siklus. Masing-masing siklus terdiri atas tahapan: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Standar nilai ketuntasan klasikal minimal 75 % dari jumlah subyek penelitian dan nilai minimal rata-rata kelas mencapai 75. Subyek penelitian ini adalah Siswa Kelas III MI Gisikdrono Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan tes. Instrument pengumpulan data yang digunakan berupa alat penilaian aktifitas belajar siswa, dan pedoman observasi partisipasi siswa dalam model pembelajaran Gallery Walk.
Penerapan model pembelajaran Gallery Walk dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PKn khususnya kompetensi dasar Mengenal Rumah Adat di Indonesia bagi siswa kelas III Semester Gasal MI Gisikdrono Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015. Hal ini terlihat pada kondisi awal, siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 53 % (9 anak), dan siswa yang belum tuntas sebanyak 47 % (8 anak). Pada akhir siklus I, siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 71 % (12 anak), dan siswa yang belum tuntas sebanyak 29 % (5 anak), sedangkan pada akhir siklus II sebanyak 94 % (16 anak) mencapai ketuntasan belajar dan sebanyak 6 % (1 anak ) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata kelas pada kondisi awal 72,35, nilai rata-rata kelas pada siklus I 77,94 dan rata-rata kelas siklus II 84,12. Adapun hasil non tes pengamatan proses belajar menunjukkan perubahan siswa lebih aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Secara keseluruhan ketuntasan belajar siswa mencapai peningkatan sebesar 41 % dan nilai rata-rata kelas meningkat 11,77 jika dibandingkan dengan kondisi awal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan kewarganegaraan; Rumah adat di Indonesia; Gallery Walk; Metode Pembelajaran; PKN |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 390 Customs, etiquette, folklore > 392 Customs of life cycle and domestic life |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 27 Nov 2015 00:09 |
Last Modified: | 27 Nov 2021 03:42 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4622 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year