Analisis tingkat religiusitas peserta didik di SMA NU Al-Munawir Gringsing

Mustofa, Mahmud Yunus (2015) Analisis tingkat religiusitas peserta didik di SMA NU Al-Munawir Gringsing. Undergraduate (S1) thesis, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan: Pendidikan Agama Islam.

[thumbnail of 103111058.pdf]
Preview
Text
103111058.pdf - Accepted Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang analisis tingkat religiusitas peserta didik di SMA NU Al-Munawir Gringsing. Kajianya dilatar belakangi oleh perlu adanya pengukuran tingkat religiusitas peserta didik di SMA NU Al-Munawir karena masih banyaknya peserta didik yang melanggar peraturan-peraturan sekolah padahal lembaga tersebut merupakan lembaga pendidikan berbasis pesantren yang menerapkan sistem boarding school. Sekolah tersebut juga mengintegrasikan antara pendidikan umum dan agama. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan “Bagaimana tingkat religiusitas peserta didik di SMA NU Al-Munawir Gringsing?”. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di SMA NU Al-Munawir Gringsing yang notabene adalah sekolah berbasis pesantren. Data diperoleh dengan menggunakan angket serta dokumentasi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur seberapa tinggi tingkat religiusitas peserta didik di SMA NU Al-Munawir Gringsing. Adapun metode yang dilakukan adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di SMA NU Al-Munawir Gringsing. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Selanjutnya data diuji dengan uji validitas, uji reliabilitas dan uji normalitas. Kemudian diperoleh data rata-rata dan diskalakan menggunakan rumus tabel lima.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Tingkat Religiusitas Peserta Didik Di SMA NU Al-Munawir Gringsing adalah “cukup” terbukti dari hasil analisis angket yang menunjukkan nilai rata-rata 168,25. Nilai tersebut setelah dikonsultasikan dengan tabel skala, masuk dalam kisaran 164-174 yang termasuk dalam skala “cukup”. Faktor yang paling dominan dalam meningkatkan religiusitas peserta didik di SMA NU AL-Munawir adalah faktor institusional yaitu sekolah sebagai lembaga formal dan pondok pesantren sebagai lembaga non formal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Shodiq, M. Ag.; Ridwan, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Tingkat keberagamaan; Religiusitas; Sekolah berbasis pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.56 Specific moral issues
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 09 Nov 2015 10:07
Last Modified: 09 Nov 2015 10:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4664

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics