Integrasi iman dan ilmu pengetahuan dalam pendidikan Islam (kajian Q.S. Al-Mujadalah ayat 11, Q.S. Al-Taubah ayat 122, dan Q.S. Al-Isra ayat 36)
Zahroh, Linatu (2015) Integrasi iman dan ilmu pengetahuan dalam pendidikan Islam (kajian Q.S. Al-Mujadalah ayat 11, Q.S. Al-Taubah ayat 122, dan Q.S. Al-Isra ayat 36). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
113111012.pdf - Accepted Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas integrasi iman dan ilmu pengetahuan dalam pendidikan Islam sesuai dengan dalil al-Qur’an, khususnya tentang Q.S. al-Mujadalah Ayat 11, Q.S. al-Taubah Ayat 122, dan Q.S. al-Isra Ayat 36. Kajiannya dilatarbelakangi oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang haus akan nilai-nilai Islam. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Apa yang dimaksud konsepsi iman, ilmu pengetahuan, dan pendidikan Islam? (2) Bagaimana kandungan Q.S. al-Mujadalah ayat 11, Q.S. al-Taubah ayat 122, Q.S. al-Isra ayat 36 yang berkaitan dengan iman dan ilmu? (3) Bagaimana integrasi iman dan ilmu pengetahuan dalam pendidikan Islam? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi pustaka yang datanya diperoleh melalui studi dokumentasi. Semua data dianalisis dengan pendekatan historis dan normatif teologis dan analisis datanya menggunakan tafsir maudhu’i.
Kajian ini menunjukkan bahwa (1) Iman adalah pembenaran yang diucapkan melalui lisan, dibenarkan dengan hati, dan dilakukan dengan perbuatan; Ilmu pengetahuan adalah seperangkat pengetahuan dan pengalaman yang bersumber dari Allah SWT tentang segala hal yang ditangkap didapat melalui pendidikan; Pendidikan Islam adalah segala usaha manusia untuk mengembangkan potensinya untuk mencapai pertumbuhan dan keseimbangan pribadi manusia secara menyeluruh dengan terbentuknya insan kamil. (2) Dalam Q.S. al-Mujadalah ayat 11, Allah SWT akan meninggikan derajat orang yang beriman dan berilmu pengetahuan; Dalam Q.S. al-Taubah ayat 122, Allah SWT menjelaskan kewajiban mencari, mengembangkan, mengamalkan, dan menyebarluaskan ilmu. Adapun dalam Q.S. al-Isra’ ayat 36, Allah SWT memerintahkan agar segala ucapan dan tindakan manusia harus didasari dengan ilmu. (3) Di dalam dunia pendidikan, manusia harus menggunakan etika dan akhlak dalam mencari Ilmu. Karena sesungguhnya Allah SWT akan meninggikan derajat orang-orang yang memiliki iman dan ilmu pengetahuan di dunia maupun di akhirat. Pendidikan juga harus mempertimbangkan prinsip pengembangan ilmu pengetahuan sesuai dengan petunjuk al-Qur’an sehingga ia akan memperkokoh akidah, meningkatkan ibadah dan akhlak yang mulia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Prof. Dr. H. Moh. Erfan Soebahar, M. Ag.; Ibu Hj. Nur Asiyah, M.S.I. |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Islam; Ilmu Pengetahuan; Tafsir al-Qur'an |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1229 Individual Suras and Groups of Suras 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 03 Dec 2015 08:42 |
Last Modified: | 03 Dec 2015 08:42 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4674 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year