Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Pokok Struktur Bagian Tumbuhan dan Fungsinya dengan Metode Resitasi pada Kelas IV di MI Rahmatul Umat 01 Walangsanga Moga Pemalang Tahun Ajaran 2012/2013
Solikha, Maulidatus (2013) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Pokok Struktur Bagian Tumbuhan dan Fungsinya dengan Metode Resitasi pada Kelas IV di MI Rahmatul Umat 01 Walangsanga Moga Pemalang Tahun Ajaran 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
083911039_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (905kB) | Preview
083911039_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (49kB) | Preview
083911039_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (909kB) | Preview
083911039_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (66kB) | Preview
083911039_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (83kB) | Preview
083911039_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (14kB) | Preview
083911039_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (12kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menerapkan metode resitasi pada peserta didik kelas IV MI Rahmatul Umat 01 Desa Walangsanga Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang Tahun Ajaran 2012/2013. (2) Metode resitasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pokok struktur bagian tumbuhan dan fungsinya kelas IV MI Rahmatul Umat 01 Desa Walangsanga Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang Tahun Ajaran 2012/2013.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada peserta didik kelas IV MI Rahmatul Umat 01 Desa Walangsanga Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang. Dalam penerapannya melalui 2 siklus, yaitu siklus I dan II, dan setiap siklusnya terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi.
Pada kondisi awal sebelum diterapkanya metode resitasi, rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 67,08 dengan ketuntasan belajar sebesar 43,59%. Setelah dilaksanakan metode resitasi hasil belajar peserta didik meningkat. Pada siklus I, prosentasi rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 75,69 dengan ketuntasan belajar peserta didik sebesar 74,36%. Pada siklus II, rata-rata hasil belajar peserta didik yaitu sebesar 86,02 dengan ketuntasan belajar sebesar 92,30%. Dari data tersebut, jelas bahwa ada peningkatan hasil belajar dari sebelum diterapkannya metode resitasi dengan setelah metode resitasi diterapkan. Namun dari penelitian ini masih terdapat peserta didik yang dari siklus pertama dan kedua mempunyai nilai di bawah indikator keberhasilan. Hal ini disebabkan karena daya ingat peserta didik yang lemah. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan metode resitasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV khususnya pada materi pokok struktur bagian tumbuhan dan fungsinya di MI Rahmatul Umat 01 Walangsanga Moga Pemalang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Resitasi; Struktur Tumbuhan; Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 580 Plants > 581 Specific topics in natural history of plants |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 04 Dec 2013 04:44 |
Last Modified: | 04 Dec 2013 04:44 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/468 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year